Mie Tarempa Khas Kepulauan Riau, Sensasi Asam Manis Pedas

Kompas.com - 27/11/2019, 16:08 WIB
Mie Tarempa khas Tarempa, Kabupaten Anambas jadi salah satu pilihan kuliner di Tanjung Pinang yang wajib dicoba Mie Tarempa khas Tarempa, Kabupaten Anambas jadi salah satu pilihan kuliner di Tanjung Pinang yang wajib dicoba

TANJUNG PINANG, KOMPAS.COM – Berkunjung ke Kepulauan Riau, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba salah satu makanan khas favorit, yakni Mie Tarempa.

Kali ini Kompas.com berkesempatan untuk mencicipi Mie Tarempa di Tanjung Pinang. Mie Tarempa sejatinya bukan berasal dari Tanjung Pinang, tetapi dari daerah Tarempa, Kabupaten Anambas.

Saya mencoba Mie Tarempa di RM. Tarempa, Jalan D. I . Panjaitan, KM7, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Di sana, terdapat tiga varian Mie Tarempa, yakni kering, basah kuah sedikit, basah kuah banyak.

Baca juga: 6 Wisata Kepulauan Riau, Kecantikannya Tak Perlu Diragukan

Pada dasarnya, Mie Tarempa yang otentik adalah Mie Tarempa kering. Penambahan kuah hanya untuk variasi rasa dan tekstur saja.

Topping-nya pun kini sudah bervariasi. Pada awalnya, Mie Tarempa hanya menggunakan potongan ikan tongkol. Namun sekarang banyak pembuat Mie Tarempa yang juga menambahkan topping seafood dan daging sapi.

Saya sendiri mencoba memesan Mie Tarempa basah kuah sedikit dengan topping seafood. Saat pesanan saya datang, terlihat wujud Mie Tarempa yang cukup mirip dengan Mie Aceh, dengan dominan warna merah.

Potongan mi lebar yang ditumis bersama kuah merah berminyak. Sekilas terlihat pedas, tetapi tak ada bau pedas yang tercium. Ternyata rasanya pun cukup berbeda dengan Mie Aceh.

Mie Tarempa punya rasa asam manis yang sedikit pedas di mulut. Kuahnya pun ringan walau cukup berminyak.

Rasa tersebut bercampur sempurna dengan tekstur mi lebar yang agak kenyal. Ada juga sedikit rasa renyah dari taoge yang dicampur.

Topping seafood yang terdiri dari cumi atau sotong, udang, dan bakso ikan membuat mi terasa semakin nikmat. Tak terasa pedas sedikit pun, berbeda jauh dengan Mie Aceh yang punya rasa rempah dan cabai yang kuat.

Baca juga: Jangan Cari Warung Mi Aceh di Aceh, Kenapa?

Sedikit tips untuk membuat mi terasa makin nikmat, tambahkan sesendok acar cabai hijau untuk menambah rasa segar dan asam.

Ketika dicampur bersama mi, rasa dari acar akan membuat rasa Mie Tarempa semakin nikmat di mulut.

Rasa antara Mie Tarempa kering, basah kuah sedikit, dan basah kuah banyak tak banyak berbeda satu sama lain. Tergantung selera tiap pengunjung ingin menikmati Mie Tarempa yang seperti apa.

Untuk menikmati seporsi Mie Tarempa, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp20.000 – Rp25.000 saja. RM. Mie Tarempa buka setiap hari pukul 06.30 – 22.00 WIB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X