3 Faktor yang Memengaruhi Kelezatan Bakmi, Pencinta Bakmi Harus Tahu

Kompas.com - 28/11/2019, 08:06 WIB
Bakmi Boy pergikuliner.comBakmi Boy


JAKARTA, KOMPAS.com - Penjual bakmi begitu mudah dijumpai. Hidangan satu ini memang jadi favorit banyak orang. Jika tertarik membuat bakmi sendiri, sebenarnya tidak terlalu sulit. 

President of Association of Culinary Professionals sekaligus Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, Stefu Santoso memberikan tips bagaimana mengolah bakmi menjadi makanan yang nikmat.

Ia mengatakan ada tiga hal penting yang patut diperhatikan saat memasak bakmi.

"Kalau berbicara mau enak itu harus perhatikan tiga faktor, satu kualitas mie harus bagus tapi harus disesuaikan dengan selera suka yang kenyal atau halus," jelas Stefu saat di hubungi Kompas.com Jumat (22/11/209).

Pada dasarnya untuk membuat mie perlu adonan dari telur, air dan tepung. Namun Stefu menjelaskan jenis tepung, tambahan jumlah telur, dan air abu dapat berpengaruh pada tingkat kekenyalan mie. 

Baca juga: Kunci Membuat Mi dengan Tekstur Sesuai Keinginan

Faktor ke dua yang harus diperhatikan adalah minyak untuk mengurai mie di mangkok. Pilihan minyak mie ada begitu banyak.

Umumnya minyak untuk mie terbuat dari kulit ayam yang digoreng hingga minyak ayam tersebut keluar atau minyak dari bekas menggoreng bawang merah atau bawang putih.

Minyak yang sudah diolah dengan cara tersebut akan memiliki cita rasa yang khas, aromatik, dan membuat rasa bakmi semakin kaya.

"Terakhir tentu saja toppingnya," jelas Stefu.

Topping  di atas mie memiliki peranan yang cukup signifikan untuk menciptakan kelezatan. 

“Kalau mie hanya satu tanpa topping mungkin rasanya berbeda. Namun kalau mienya ada toppingnya dan berbaur dengan baik pasti akan menghasilkan rasa yang berbeda. Sehingga kadang-kadang kita bisa menjumpai mienya sama, bumbunya beda hasilnya beda,” paparnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X