Cara Cetak Tiket Kereta Api di Stasiun Kereta

Kompas.com - 28/11/2019, 18:20 WIB
Penumpang mencetak tiket kereta api di ruang check in counter Stasiun Pasar Senen, Jumat (22/11/2019). Pergi bersama teman naik kereta api, sebaiknya mencetak tiket maksimal satu jam sebelum keberangkatan. Nicholas Ryan AdityaPenumpang mencetak tiket kereta api di ruang check in counter Stasiun Pasar Senen, Jumat (22/11/2019). Pergi bersama teman naik kereta api, sebaiknya mencetak tiket maksimal satu jam sebelum keberangkatan.


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum memulai perjalanan kereta api, para penumpang cetak tiket terlebih dulu.

Cara mencetak tiket kereta api secara mandiri ternyata tidak sulit. Kamu hanya perlu ke tempat check in counter yang ada di stasiun.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, setelah menuju check in counter, penumpang akan mendapat arahan melalui mesin pencetak untuk melakukan proses berikutnya.

"Sebenarnya tinggal menuju mesin check-in counter di stasiun, nanti di sana ada arahan untuk memasukkan seperti kode booking," kata Eva ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (26/11/2019).

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Api Via Online dan Offline

Lanjut Eva, cara-cara mencetak pun terbilang mudah. Layar monitor akan memberikan penumpang kereta api panduan apa saja data yang perlu dimasukkan untuk mencetak tiket.

"Sementara untuk step-step-nya sangat mudah dilakukan pada saat berada di check in counter. Nanti monitor mengarahkan masyarakat untuk memasukkan kode booking, dan tiket langsung tercetak," tambahnya.

Fasilitas check in counter yang ada di Stasiun Pasar Senen, penumpang bisa menggunakan fasilitas ini untuk mencetak tiket kereta api secara mandiri, Jumat (22/11/2019).Nicholas Ryan Aditya Fasilitas check in counter yang ada di Stasiun Pasar Senen, penumpang bisa menggunakan fasilitas ini untuk mencetak tiket kereta api secara mandiri, Jumat (22/11/2019).
Bagi penumpang yang baru menggunakan kereta api, berikut Kompas.com rangkum cara cetak boarding pass sekaligus tiket secara mandiri.

1. Perhatikan bahwa stasiun KA Jarak Jauh punya fasilitas check in counter

Cara pertama, perhatikan dan pastikan bahwa stasiun KA Jarak Jauh yang keberangkatan kamu memiliki fasilitas check-in counter.

Baca juga: Tips agar Tak Kelaparan Saat Traveling Naik Kereta Api

"Proses ini dapat dilakukan mulai H-7 sebelum keberangkatan," kata Eva.

2. Cetak tiket pada hari H keberangkatan hanya bisa di stasiun keberangkatan

Masyarakat yang baru akan melakukan proses cetak boarding pass pada hari keberangkatan maka proses cetak hanya dapat dilakukan di stasiun keberangkatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X