Tips Naik Kereta Api dengan Teman dan Keluarga, Lebih Murah dan Nyaman

Kompas.com - 28/11/2019, 19:50 WIB
Penumpang kereta api tengah menunggu kedatangan kereta api di Peron 1 Stasiun Pasar Senen, Jumat (22/11/2019). Nicholas Ryan AdityaPenumpang kereta api tengah menunggu kedatangan kereta api di Peron 1 Stasiun Pasar Senen, Jumat (22/11/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sendiri, bepergian naik kereta api bisa dilakukan bersama keluarga dan teman.

Nah, jika kamu pergi dengan membawa banyak orang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan naik kereta api terasa nyaman dan aman.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengungkapkan, berpergian bersama-sama biasanya akan menambah barang bagasi.

Baca juga: Tips Menjaga Barang Saat Traveling Naik Kereta Api

Oleh karena itu, ia menyarankan agar penumpang kereta api menyiapkan waktu lebih panjang, termasuk untuk datang ke stasiun.

"Jadi karena pergi bersama-sama dan bawaannya banyakan, spare waktunya sebaiknya lebih panjang pada saat akan datang ke stasiun," kata Eva kepada Kompas.com, Rabu (20/11/2019).

Baca juga: Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Selain itu, ia juga mengatakan agar penumpang kereta lebih menyiapkan barang-barang sebaik mungkin, sehingga tidak terlalu banyak dan membingungkan.

"Karena indikasi risiko barang tertinggal akan lebih besar," tambahnya.

Sementara itu, pencinta kereta api, Muni Edi S Riyadi juga menyarankan agar penumpang merencanakan perjalanan kereta api lebih awal agar dapat memesan tiket dengan harga yang lebih hemat.

Baca juga: Cara Boarding di Stasiun Kereta Api

Berikut tips bepergian dengan banyak orang menggunakan kereta api yang telah Kompas.com rangkum dari Eva dan Muni.

1. Pesan tiket secara bersama agar tempat duduk bersebelahan atau berdekatan

Penumpang kereta api ada beragam macam, ada yang pergi sendirian, ada pula yang pergi bersama teman. Datang lebih cepat di stasiun menjadi salah satu cara agar tidak tertinggal kereta dan perjalanan kereta menjadi nyaman, Jumat (22/11/2019).Nicholas Ryan Aditya Penumpang kereta api ada beragam macam, ada yang pergi sendirian, ada pula yang pergi bersama teman. Datang lebih cepat di stasiun menjadi salah satu cara agar tidak tertinggal kereta dan perjalanan kereta menjadi nyaman, Jumat (22/11/2019).
Muni menyarankan agar calon penumpang kereta memesan tiket seacara bersamaan. Hal ini untuk mendapatkan nomor tempat duduk yang saling berdekatan.

"Pesan tiketnya barengan, jadi dapat tempat duduk juga sebelahan, atau berdekatan," katanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X