Panduan Naik Kereta Api bagi Pemula agar Lebih Menyenangkan

Kompas.com - 28/11/2019, 21:15 WIB
Kereta Api Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung (pp) siap diberangkatkan dari Jalur 1 Stasiun Gambir, Jumat (22/11/2019). Nicholas Ryan AdityaKereta Api Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung (pp) siap diberangkatkan dari Jalur 1 Stasiun Gambir, Jumat (22/11/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penumpang pemula, naik kereta api bisa jadi banyak pertanyaan, mulai dari cara memesan hingga kegiatan saat kereta mulai berjalan.

Soal kegiatan, misalnya, ternyata banyak kegiatan yang bisa dilakukan agar tidak bosan.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Via KAI Access

Menurut salah seorang yang sering bepergian menggunakan kereta api, Muni Edi S Riyadi (48) ada banyak hal yang bisa dilakukan di dalam kereta api, satu di antaranya adalah baca buku.

"Bawalah buku atau bahan bacaan untuk dibaca saat perjalanan," kata Muni ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/11/2019).

Baca juga: Cara Boarding di Stasiun Kereta Api

Nah, berikut panduan naik kereta api bagi pemula agar lebih menyenangkan.

1. Rencanakan perjalanan jauh hari

Illustrasi kereta apiAudia Natasha Putri Illustrasi kereta api
Jika kamu ingin liburan menggunakan kereta api, usahakan untuk menulis rencana perjalanan jauh-jauh hari agar bisa memperoleh tempat duduk.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapat harga hemat apabila beruntung.

"Misal tarif diskon atau tarif ambang bawah," ujar Muni.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Api Via Online dan Offline

Perlu diketahui, kereta api jarak jauh tidak menyediakan tiket berdiri seperti Commuterline atau Kereta Rel Listrik (KRL). Jadi, yang tersedia hanya tiket dengan tempat duduk.

2. Bawa obat-obatan

Dua orang petugas kereta api Argo Parahyangan Bandung-Jakarta sedang memberikan layanan restoran pada Sabtu (28/9/2019). PT KAI mengkampanyekan wisata kuliner sebagai bagian dari layanan di dalam kereta.AMR Dua orang petugas kereta api Argo Parahyangan Bandung-Jakarta sedang memberikan layanan restoran pada Sabtu (28/9/2019). PT KAI mengkampanyekan wisata kuliner sebagai bagian dari layanan di dalam kereta.
Ada kalanya orang merasa pusing atau sakit perut dengan perjalanan pertamanya. Oleh karena itu, ada baiknya membawa obat-obatan yang dapat meredakannya.

"Tempatkan barang-barang pribadi yang mungkin diperlukan saat perjalanan di tas tangan atau tas kecil, misalnya obat-obatan," kata Muni.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X