Cari Bakmi Bangka Halal di Jakarta? Yuk ke Bakmi Bangka 777 Aloiy

Kompas.com - 29/11/2019, 08:09 WIB
Bakmi Bangka 777 Aloiy Kompas.com / Gabriella WijayaBakmi Bangka 777 Aloiy


JAKARTA, KOMPAS.com - Bakmi bangka umumnya disajikan dengan daging babi. Namun di Jakarta, para penjual bakmi bangka sudah banyak yang mengganti daging babi dengan ayam. 

Di Jakarta Barat, tepatnya di Meruya Utara ada satu kedai bakmi bangka dengan topping ayam yang terbilang legendaris. Bakmi Bangka Aloiy 777 buka sejak 2002 dan sering jadi andalan sarapan serta makan siang warga sekitar. 

Uniknya, ketika datang di kedai Bakmi Bangka Aloiy 777 mata pengunjung biasanya akan langsung terfokus dengan meja makan. Di meja makan ini ditaruh segala macam makanan pendamping untuk menyantap bakmi.

Ada bakso ayam goreng, pangsit goreng, saus sambal dari cuka bakso, dan kecap asin.

Baca juga: Rahasia Bakmi Bangka yang Membuatnya Beda degan yang Lain 

Koh Aloiy dengan istinya Afung sigap melayani pengunjung yang datang ke kedainya.

Keduanya dengan ulet mempersiapkan mangkuk bakmi bangka lengkap dengan makanan pendampingnya, yakni tahu kok khas Bangka, bakso ikan, fukian, bakso ikan, pangsit dan lain-lain.

" Bakmi bangka memang ada tahu kok, isinya tahu, fukian, bakso ikan. Tapi kalau orang mau lain bisa campur lebih banyak lagi bisa ambil bakso sapi, pangsit bisa jadi satu jadi banyak isiannya gitu," papar Afung, saat ditemui di kedai Bakmi Bangka 777 Aloiy, meruya, Jakarta, Kamis, (28/11/2019).

Setelah menunggu sekitar lima menit akhirnya bakmi Bangka disajikan. Ada ayam kecap di atasnya, bawang merah goreng dan daun bawang. Dibawahnya ada tauge dan sawi yang masih segar. Jika di gigit masih terasa renyah tauge dan sawi. Tauge ini yang juga menjadi ciri khas dari bakmi bangka. 

Tekstur bakminya kecil dan sedikit keriting. Teksturnya tidak begitu lembut dan sedikit kenyal ketika digigit.

Ciri khas lain dari bakmi bangka adalah mie yang terasa asin dan berwarna hitam kecoklatan karena campuran kecap asin bangka. Di atas bakmi akan ditaburkan lada dengan jumlah yang royal. 

Bisa dibilang dua komponen tadi yang mejadi benar merah bakmi bangka dan asalnya. Pulau Bangka terkenal sebagai pulau penghasil lada kelas wahid dan kecap asin dengan versi. Warna kecap asin bangka hitam pekat dengan rasa yang lebih kuat dari kecap asin lain.

Baca juga: Tips Membuat Bakmi Ayam yang Enak dan Mudah dari Koki Profesional

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X