Hantu Malah Diajak Selfie di Kampung Horor Semarang

Kompas.com - 29/11/2019, 19:00 WIB
Pengunjung Kampung Horor berfoto bersama replika hantu. KOMPAS.com/DIAN ADE PERMANAPengunjung Kampung Horor berfoto bersama replika hantu.

UNGARAN, KOMPAS.com - Mendengar kata pocong, genderuwo, kuntilanak, vampire, dajjal, dan tengkorak yang terbayang adalah kengerian dan ketakutan. Deretan para hantu tersebut memang terkadang menghantui alam bawah sadar seseorang.

Namun, di Kampung Horor Sunrise Hills yang berada di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, hantu-hantu tersebut malah menghadirkan keceriaan.

Bahkan, para pengunjung Kampung Horor tak ada yang ketakutan dan tak segan mengajak foto para hantu.

Kampung Horor memang tak seseram yang dibayangkan. Tempat yang buka pada April 2019 ini menawarkan konsep baru wisata di kawasan Candi Gedongsongo.

Menurut pengelola Kampung Horor, Slamet Suramin, pemilihan konsep wisata kawasan hantu karena ingin melestarikan kearifan lokal.

Baca juga: Hadir Bandara Baru, Pengguna Bus AKAP Semarang Justru Meningkat

"Masyarakat Indonesia kan kental dengan nuansa mistis. Tak bisa dipungkiri, kearifan lokal dan hal mistis di Indonesia itu berdampingan. Tapi di Kampung Horor, kami menampilkan replika-replika hantu bukan untuk menakuti, tapi mengajak pengunjung agar bisa 'berdampingan' dengan hantu," jelasnya, Kamis (28/11/2019).

Slamet mengungkapkan, ada sekitar 35 replika hantu yang dipajang di Kampung Horor. Mereka ditempatkan di sepanjang jalan dan juga di gazebo-gazebo.

Jadi, pengunjung bisa melepas lelah sembari menikmati makanan di tengah suasana sejuk khas Bandungan.

"Sejak dibuka, paling ramai itu kalau weekeend, pengunjung sangat ramai. Kebanyakan rombongan keluarga yang membawa anak-anak," jelasnya.

Salah seorang pengunjung Kampung Horor, Maya yang berasal dari Pati mengatakan mengetahui tempat wisata baru tersebut dari media sosial. Dia yang datang bersama kedua temannya mengaku penasaran.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X