Wisata Cerutu di Jember, Keliling Pabrik Sampai Buat Cerutu

Kompas.com - 29/11/2019, 22:00 WIB
Proses pembuatan cerutu di BIN Cigar. Tempat ini sekaligus menjadi destinasi wisata cerutu yang unik Bagus SupriadiProses pembuatan cerutu di BIN Cigar. Tempat ini sekaligus menjadi destinasi wisata cerutu yang unik

JEMBER, KOMPAS.COM – Jember dikenal sebagai kota tembakau. Logo pemerintah daerah dan Universitas Jember pun menggunakan tembakau. Tak heran, di kota ini, terdapat destinasi unik yang siap memanjakan wisatawan, yakni wisata cerutu.

Lokasi wisata cerutu ada di Jalan Brawijaya Desa Jubung Kecamatan Sukorambi. Dari alun-alun Jember, hanya ditempuh sekitar 14 menit dengan jarak tempuh 8,9 kilometer. Di sisi kanan jalan setelah rest area Jubung, kita akan bertemu dengan pabrik cerutu BIN Cigar.

Tempat ini tak hanya mengolah tembakau Besuki Na Oogst menjadi cerutu, namun juga sebagai tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatan domestik dan mancanegara.

Di dalamnya, terdapat sekitar 60 karyawan yang bekerja membuat cerutu. Bila datang kesana, wisatawan akan diperlihatkan sejarah tembakau melalui audiovisual.

Mulai dari sejarah pabrik tahun awal hingga sekarang. Lalu, pemilik BIN Cigar, Febrian Ananta Kahar akan memaparkan tentang potensi tembakau tersebut.

Baca juga: Dira Funtastic Night, Sepotong Eropa di Jember yang Instagramable

Setelah selesai, barulah wisatawan akan diajak masuk ke dapur pembuatan cerutu.

Disana, pengunjung akan melihat banyak perempuan yang duduk menghadap meja kerja. Mereka sedang memproduksi cerutu, mulai dari filler, binder hingga wrapper.

Para pembuat cerutu ini adalah perempuan. Satu orang dari mereka mampu menghasilan sekitar 150 hingga 200 batang setiap harinya. Mereka sudah lihai membuatnya. Wisatawan tak hanya melihat, namun juga diajak untuk praktik membuat cerutu.

Selain itu, destinasi ini juga menyediakan tempat khusus bagi wisatawan untuk memotret suasana pembuatan cerutu dari lantai dua. Dari atas, para pekerja itu akan tampak terlihat lebih rapi. 

Salah satu pegawai pabrik cerutu sedang memotong daun tembakau sebelum menyelesaikan proses pelintingan di salah satu pabrik cerutu, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015). Jember merupakan salah satu daerah penghasil tembakau di Jawa Timur dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu contoh agrowisata tembakau yang berkembang di Jember adalah Wisata Agro Tembakau Jember Besoeki Na Oogst di Desa Ajung, Kecamatan Jenggawah, Jember, Jawa Timur.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Salah satu pegawai pabrik cerutu sedang memotong daun tembakau sebelum menyelesaikan proses pelintingan di salah satu pabrik cerutu, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015). Jember merupakan salah satu daerah penghasil tembakau di Jawa Timur dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu contoh agrowisata tembakau yang berkembang di Jember adalah Wisata Agro Tembakau Jember Besoeki Na Oogst di Desa Ajung, Kecamatan Jenggawah, Jember, Jawa Timur.

Menariknya, salah satu varietas tembakau yang yang digunakan untuk cerutu ini berasal dari Kuba. Negara yang terkenal dengan salah satu produksi cerutu terbaik di dunia. Varietas tersebut sudah dikembangkan dan bisa tumbuh di tanah Jember.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X