Terlalu Eksklusif, Restoran Sushi Jiro Dikeluarkan dari Daftar Bintang Michelin

Kompas.com - 30/11/2019, 09:49 WIB
Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbincang dengan sushi master Jiro Ono, di Tokyo, Jepang, 23 April 2014. (Official White House Photo by Pete Souza) (Official White House Photo by Pete Souza)Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbincang dengan sushi master Jiro Ono, di Tokyo, Jepang, 23 April 2014. (Official White House Photo by Pete Souza)

KOMPAS.com - Restoran Sushi Jiro telah dikeluarkan dari daftar penghargaan Bintang Michelin. Restoran eksklusif ini pernah mendapat pujian dari mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sebagai sushi terbaik dalam hidupnya.

Bintang Michelin merupakan penghargaan bergengsi di dunia kuliner yang memberikan peringkat bintang pada restoran-restoran yang diulas tim Bintang Michelin.

Dilansir Japantoday.com, Restoran bernama lengkap Sukiyabashi Jiro ini sempat diabadikan dalam film dokumenter tahun 2011 berjudul "Jiro Dreams of Sushi".

Restoran ini mendapatkan tiga bintang Michelin setiap tahunnya sejak 2007 dan dianggap sebagai restoran dengan hidangan lezat terbesar di dunia.

Baca juga: Makan Sushi di Jepang? Catat Panduan Lengkap Ini...

Namun restoran itu absen dari Michelin Guide Tokyo 2020. Hal ini karena restoran tersebut terlalu eksklusif. Restoran ini hanya memiliki kapasitas 10 kursi sehingga kesulitan menerima reservasi dari masyarakat umum.

"Kami menyadari Sukiyabashi Jiro tidak menerima reservasi dari masyarakat umum, yang membuatnya berada di luar jangkauan kami," kata juru bicara dari Michelin, cabang Jepang seperti dilansir Japantoday.com.

Juru bicara itu juga mengatakan bahwa tidak benar restoran tersebut kehilangan bintang. Tepatnya, restoran ini sudah tidak sesuai dengan cakupan panduan restoran bintang Michelin.

"Kebijakan Michelin adalah memperkenalkan restoran tempat semua orang bisa makan," lanjutnya.

Sementara itu, untuk mendapatkan kursi di restoran Sushi Jiro, seseorang harus menjadi tamu reguler atau pelanggan tetap. Cara lainnya adalah melakukan pemesanan melalui concierge dari hotel-hotel berbintang.

Melalui situs webnya, Sukiyabashi Jiro mengungkapkan saat ini mereka mengalami kesulitan dalam menerima reservasi dan meminta maaf atas ketidaknyamanan pelanggan.

Sushi di restoran Sushi Jirowww.sushi-jiro.jp Sushi di restoran Sushi Jiro

"Sayangnya, karena restoran kami hanya dapat menampung hingga 10 tamu dalam satu waktu, situasi ini kemungkinan akan berlanjut," kata pihak restoran di situsnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X