Air Terjun Lembah Anai, Tempat Wisata Sumatera Barat Penghilang Lelah

Kompas.com - 30/11/2019, 17:17 WIB
Air terjun Lembah Anai, Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Tanah Datar, Sumatera Barat KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAAir terjun Lembah Anai, Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Tanah Datar, Sumatera Barat

TANAH DATAR, KOMPAS.com - Berkunjung ke Sumatera Barat tak lengkap jika belum mengunjungi Air Terjun Lembah Anai.

Salah satu tempat wisata di Sumatera Barat ini punya keunikan sendiri, satu di antaranya adalah letaknya yang berada di pinggir Jalan Raya Padang-Bukittinggi, kaki Gunung Singgalang.

Baca juga: Jalan-jalan ke Jalur Padang-Bukittinggi, Pemandangannya Aduhai

Posisi yang strategis itu membuat siapa pun akan berhenti di lokasi tersebut. Plus, pemandangan air terjun dan rindang pepohonan dijamin kian memikat mata pengendara.

Air terjun Lembah Anai, Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Tanah Datar, Sumatera BaratKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Air terjun Lembah Anai, Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Tanah Datar, Sumatera Barat
Tak ayal, wisatawan Air Terjun Lembah Anai biasanya didominasi oleh pengendara yang melintas dari Padang-Bukittinggi atau sebaliknya. 

"Biasanya wisatawan yang datang memang pengendara yang melintas," ujar tour guide sekaligus Ketua Dewan Kode Etik Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumatera Barat, Soni Erizon.

Baca juga: Resort di Tengah Kota Wisata Bukittinggi yang Menawan

Kompas.com menyempatkan berkunjung ke tempat wisata tersebut dalam perjalanan menuju Minang Geopark Run 2019 di Kabupaten Agam, Jumat (29/11/2019).

Saat kali pertama menginjakkan kaki, wisatawan bakal disambut dengan suara gemericik air terjun yang bersahutan dengan deru kendaraan di jalan.

Namun kesejukan hawa air terjun perlahan menggantikan kebisingan suara mobil dan motor yang melintas bergantian.

Baca juga: Lamang Tapai, Hidangan Purba khas Tanah Datar yang Masih Eksis

Untuk menuju air terjun, wisatawan perlu naik beberapa anak tangga, lalu berjalan datar, sedikit menurun dan langsung sampai di depan tempat wisata tersebut.

Kamu bisa memilih, ingin menikmati air terjun dari atas atau ingin lebih dekat. Jika ingin lebih dekat, kamu bisa turun beberapa meter, lalu bisa sedikit bermain air.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel) on Nov 30, 2019 at 1:22am PST

Jika ingin turun dan menikmati pemandangan air terjun dari bawah, kamu tak perlu khawatir tenggelam.

Pasalnya, ada bebatuan di bawah air terjun, sehingga kamu bisa berdiri atau sekadar mengambil pose foto dengan latar air terjun setinggi 35 meter itu.

Baca juga: Istano Basa Pagaruyung dan Pacu Jawi Andalan Tanah Datar

Kalau kamu lapar dan ingin menikmati camilan, ketan durian yang dijajakan di tempat itu bisa jadi pilihan. Lalu beberapa camilan dan minuman yang tidak akan membuat kamu kelaparan.

Oh ya, kalau kamu mau berkunjung ke salah satu wisata alam Sumatera Barat ini, ada biaya masuk yang cukup murah, yakni Rp 5.000 per orang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X