Sudah Pernah Coba Bakmi Ayam Rebus? Coba Bakmi Acang Sejak 1960-an

Kompas.com - 02/12/2019, 10:10 WIB
Bakmi Acang dengan makanan pendamping, bakso dan sue kiau Kompas.com / Gabriella WijayaBakmi Acang dengan makanan pendamping, bakso dan sue kiau

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakmi ayam dengan topping ayam cincang kecap atau ayam cicnang putih tumis mungkin sudah biasa. Jika ingin mencoba yang lebih otentik, cobalah bakmi dengan topping ayam rebus. 

Salah satu penjual bakmi ayam rebus tersohor di Jakarta adalah Bakmi Ayam Acang di kawasan Grogol, Jakarta Barat. 

Baca juga: Tips Membuat Bakmi Ayam yang Enak dan Mudah dari Koki Profesional

Kedai bakmi ini buka sejak 1960an. Sampai sekarang Acang, generasi ke dua masih mengunakan resep yang didapat dari sang ayah.

"Resep dari orang tua, bapak dulu kerja di Bakmi Ayam Istimewa, setelah itu ayah saya keluar. Buat bakmi sendiri jualan dengan gerobak lalu keliling di Gang Jamblang, saya belakangan saya bantuin orang tua dulu dari tahun 1960," papar Acang saat ditemui di kedainya, Grogol, Jumat, (29/11/2019)

Acang memutuskan untuk mandiri dengan berdagang sendiri di tahun 1969.

Hidangan yang menjadi andalan kedai Bakmi Acang tentunya bakmi dengan topping ayam rebus.

Bakmi ayam rebus di kedai Bakmi Acang diklaim tidak mengandung babi, bahan yang digunakan semua dari kandungan ayam kampung. Mulai dari topping, kuah kaldu, sampai minyak. 

Bakmi, kuah serta makanan pendamping dihidangkan terpisah. Di atas bakmi terdapat ayam kampung yang direbus. Acang tidak membumbui macam-macam daging ayam, sebab yang menonjol justru gurih dari ayam kampung.

Mie nya sendiri memiliki teksturnya kenyal dan tidak lembek. Jenis mie ini umumnya disebut mie karet. Mie dicampur dengan minyak ayam sehingga membuat harum yang semerbak. 

Kunci tekstur mie yang pas adalah kualitas yang dijaga oleh Acang. Ia tidak membiarkan mie diolah dengan cara modern atau melibatkan mesin.

Untuk membuat mie, Acang tidak berpatokan pada resep yang spesifik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X