Sensasi Segelas Kopi Nira, Seperti Apa Rasanya?

Kompas.com - 02/12/2019, 17:03 WIB
Kopi nira di Beje Kopi, Jalan Malikussaleh, Desa Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Kamis (27/11/2019). KOMPAS.com/MASRIADI Kopi nira di Beje Kopi, Jalan Malikussaleh, Desa Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Kamis (27/11/2019).

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Puluhan orang terlihat santai di meja kopi, Beje Kopi, Jalan Malikussaleh, Desa Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Kamis (27/11/2019).

Warung yang didirikan setahun lalu oleh Hendra akrab disapa Wong itu dipenuhi mayoritas pria. Hanya terlihat satu meja dipenuhi kaum ibu dan anak-anaknya. Di sinilah tempat menikmati kopi nira di Lhokseumawe.

Kopi nira menjadi tren akhir-akhir ini di Aceh. Sejumlah tempat di Banda Aceh, Kota Langsa, Aceh Timur, dan Kota Lhokseumawe, mulai mengenalkan kopi yang dicampur dengan air nira ini untuk masyarakat.

Baca juga: Melalui Warung Kopi, Aceh Menarik Wisatawan

Zulkarnaini, seorang pekerja di Beje Kopi, menyebutkan, nira dibeli dari masyarakat di Desa Paya Bili, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Sedangkan kopi langsung didatangkan dari dataran tinggi Gayo. Kopi robusta, arabika, dan aneka jenis lainnya tersedia di warung itu.

Untuk kopi nira, sambung Zulkarnaini, mayoritas penikmatnya kaum pria.

“Jarang sekali saya lihat ada pesan kaum ibu, laki-laki yang paling banyak minum kopi nira,” katanya.

Barista menuangkan air nira ke dalam gelas, barulah setelah itu dituangkan kopi. Namun, lebih nikmat menikmati kopi nira dengan campuran es.

Rasanya nira, kopi dan es nan dingin membuat rasa lebih segar. Selain itu, bau nira jadi tidak terasa.

Jika tanpa es, bau nira terasa begitu menyengat. Kebanyakan pengunjung tidak menyukai bau nira.

“Biasanya kalau mereka minum niranya saja, tanpa kopi. Kalau pakai kopi biasanya ditambah es,” kata Zulkarnaini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X