Kikiam, Makanan yang Bikin Heboh SEA Games Filipina 2019

Kompas.com - 03/12/2019, 08:17 WIB
Kikiam, makanan yang kerap dijajakan di jalanan Filipina. Di Indonesia, makanan ini disebut dengan Ngo hiang. shutterstock.comKikiam, makanan yang kerap dijajakan di jalanan Filipina. Di Indonesia, makanan ini disebut dengan Ngo hiang.


JAKARTA, KOMPAS.com - Makanan Filipina, kikiam akhir-akhir ini ramai dibicarakan lantaran disebutkan menjadi sajian sarapan untuk tim atlet sepak bola perempuan Filipina SEA Games 2019.

Seperti dikutip dari ABS-CBN berawal dari pelatih tim atlet sepak bola putri Filipina, Let Dimzon mengeluhkan sajian nasi, telur, dan kikiam yang ia sebut berasal dari hotel tempat atlet dan ia menginap.

Baginya sarapan tersebut kurang bergizi bagi atlet yang akan menghadapi pertandingan besar. 

Pernyataan Dimzon menimbulkan kekhawatiran bagi peserta SEA Games dan netizen. Bukan cuma soal gizi, melainkan kikiam di Filipina umumnya terbuat dari daging babi dicampur ikan. Sedangkan peserta SEA Games terdiri dari berbagai latar belakang negara dan agama. 

Hingga akhirnya panitia SEA Games dan pihak hotel melakukan konfrensi pers untuk menjawab isu kikiam yang disajikan kepada peserta SEA Games. Seperti dilansir dari situs ABS-CBN makanan yang dikira kikiam adalah sosis ayam. 

Baca juga: Kisruh SEA Games 2019, Industri Pariwisata Filipina Turun Tangan

Lantas seperti apa sebenarnya kikiam?

Kikiam adalah makanan jalanan yang populer dan kerap dijajakan oleh pedagang kaki lima Filipina. Bentuk utuhnya menyerupai otak-otak dan biasa disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil.

Rasa kikiam yang unik berasal dari daging babi dan daging ikan cincang, dicampur wortel dan bawang. Campuran tersebut kemudian diberi bubuk lima rempah.

Adonan kikiam dibentuk panjang-panjang kemudian digoreng. Ada juga versi kikiam yang membalut adonan dengan kulit kembang tahu kemudian digoreng. 

Di Indonesia sendiri juga ada makanan yang mirip kikiam, disebut ngo hiang. Hidangan ini merupakan khas Hokkian dan Teochew yang banyak diadopsi di negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, serta Thailand.

Baca juga: 8 Obyek Wisata Dekat Perhelatan SEA Games 2019 Filipina

Untuk membuat kikiam resepnya juga terbilang mudah dan dapat diganti dengan daging non babi seperti ayam atau udang. Berikut ini adalah resep kikiam, dilansir dari situs Yummy Philippines, dengan durasi waktu pembuatan sekitar 30 menit: 

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X