Kontribusi Wisman Kepulauan Riau Kalahkan Jakarta

Kompas.com - 06/12/2019, 17:02 WIB
Panorama senja di perairan Tarempa, Anambas, Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Selain memiliki pesona keindahan alam, letak strategis Anambas yang berada di perbatasan negara tetangga membuat wilayah ini rawan terjadi pelanggaran kedaulatan negara. KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADAPanorama senja di perairan Tarempa, Anambas, Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Selain memiliki pesona keindahan alam, letak strategis Anambas yang berada di perbatasan negara tetangga membuat wilayah ini rawan terjadi pelanggaran kedaulatan negara.

KOMPAS.com - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tercatat menjadi destinasi utama bagi wisatawan mancanegara ( wisman) perbatasan (crossborder).

Bahkan, kontribusi wisman Kepri hampir menyamai Bali, lalu mengalahkan Jakarta.

"Kami bertekad Kepri pada 2021 bisa menjadi destinasi terbesar yang dikunjungi wisman atau paling tidak menyamai Bali,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau Isdianto.

Hal itu disampai seusai meluncurkan Calender of Event (CoE) Provinsi Kepri 2020 di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kamis siang (5/12/2019).

Baca juga: Kemenpar Soroti Peluang Wisata di Kawasan Hutan Produksi Kepri

Tercatat, pada Mei 2019 jumlah wisman yang masuk melalui pintu masuk Kepri 1.137.976 wisman atau 17,86 persen.

Sementara melalui DKI Jakarta sebanyak 946.509 wisman atau sebesar 14,86 persen, dan melalui Bali sebanyak 2.305.802 wisman atau sebesar 36,19 persen.

Sedangkan sisanya melalui pintu lain yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Targetkan 1.000 Wisman, Pemprov Kepri Anggarkan Rp 3 Miliar

Andalkan wisman crossborder

Alif Stone Park.https://pesona.travel Alif Stone Park.
Isdianto menjelaskan, Kepri mengandalkan kunjungan wisman crossborder yakni Singapura dan Johor Malaysia.

Dengan begitu, ke depan kunjungan wisman ke Kepri diproyeksikan naik signifikan, sehingga pihaknya optimistis mampu mengejar dan mengimbangi jumlah kunjungan wisman ke Bali.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X