Bakmi Gocit, dari Gerobak Keliling sampai Sukses Buka 11 Cabang

Kompas.com - 09/12/2019, 19:04 WIB
Bakmi Spesial di Bakmi Gocit Kompas.com / Gabriella WijayaBakmi Spesial di Bakmi Gocit


JAKARTA, KOMPAS.com - Bakmi Gocit terbilang sebagai bakmi legendaris yang sukses dari Jakarta. Pada 1983, Budi pendiri Bakmi Gocit menjual dagangannya dengan gerobak keliling di daerah  Taman Tirta Loka Pluit Jakarta yang saat ini menjadi Mall Pluit Village.  

Budi bercerita tertarik membuka usaha bakmi karena terinspirasi dengan kedai bakmi ternama di Jakarta. Ia lantas berkeliling menjual bakmi dengan gerobak. Harga satu porsi bakmi yang ia jual pertama kali Rp 250. 

Saat berkeliling, tak jarang Budi mangkal di depan Sekolah Tarakanita di daerah Pluit. Dari sinilah usaha Budi semakin laris.

"Tahun 1983 saya di Taman Tirta Loka terus di deketnya ada Sekolah Tarakarnita. Tahun '86 saya buka lagi di deket sekolah BPK Penabur KPS, Saya juga buka di Pluit Timur buka semua,” paparnya.

Baca juga: 60 Tahun Berdiri, Ini Kunci Sukses Bakmi GM

Uniknya, alamamater siswa sekolah tempat Budi berjualan ini merupakan pelanggannya sampai sekarang. 

"Sekarang mereka pasti sudah pada berumur dan mereka punya anak lagi biasanya mereka bernostalgia cerita keanaknya ‘dulu papa di samping sekolah papa makannya bakmi ini’," tambahnya.

 

Hingga 2014 pemerintah provinsi Jakarta mengeluarkan kebijakan untuk membatasi penjual yang berjualan dengan gerobak, Budi memutar otak agar usahanya dapat langgeng. Akhirnya Bakmi Gocit berekspansi dan membuka gerai di mal-mal kawasan Jakarta.

Meskipun sudah tidak buka di kawasan yang sama dengan pertama kali buka, pelanggan setia Bakmi Gocit sengaja datang ke mall tempat Bakmi Gocit membuka cabang.

Tak sedikit pelanggan yang memastikan pada karyawan, apakah benar Bakmi Gocit adalah bakmi yang sama dengan yang mereka makan saat masih bersekolah.

Jatuh bangun merintis usaha Bakmi Gocit...

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X