Bakmi Kampung Bali, Bakmi Ayam Legendaris Hidden Gems di Jakarta

Kompas.com - 11/12/2019, 08:02 WIB
Bakmi ayam di Bakmi Kampung Bali, kawasan Tanah Abang Kompas.com / Gabriella WijayaBakmi ayam di Bakmi Kampung Bali, kawasan Tanah Abang


JAKARTA, KOMPAS.com – Jika kamu mencari bakmi ayam yang rasanya otentik berikut ini bakmi 'hidden gem' yang bisa kamu coba di Jakarta.

Bakmi Kampung Bali masuk sebagai bakmi ayam legendaris di Jakarta karena sudah ada sejak 36 tahun yang lalu. Lokasinya yang tidak berada di jalan besar membuatnya jadi belum diketahui banyak orang. 

Sesuai namanya, Bakmi Kampung Bali beralamat di Jalan Kampung Bali XXV Nomor 31, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Usaha bakmi dirintis oleh Hendra yang dulunya ditemani oleh mendiang istrinya.

Kini diusia senja dia tetap menjajakan bakmi ayam di kedai sederhana depan rumahnya. Resep yang digunakan sama seperti bakmi-bakmi pada kebanyakan. Namun yang membuat berbeda adalah mengunakan saus ayam kecap.

Baca juga: Bakmi Gocit, dari Gerobak Keliling sampai Sukses Buka 11 Cabang

“Ini diberi saus ayam kecap biar rasanya lebih mantep. Sausnya ya dari ayam kecapnya yang untuk topping juga,” jelas Hendra saat ditemui oleh Kompas.com, Sabtu, (7/12/2019).

Mie yang digunakan memiliki ukuran yang kecil dan keriting. Mie memiliki tekstur yang kenyal dan tidak mudah putus.

Minyak yang digunakan untuk mengurai mie adalah minyak ayam kampung.

Hendra mengaku alasan menggunakan minyak dari ayam kampung selain menambah aroma yang wangi juga menambah rasa gurih.

Ia  enggan mengunakan ayam broiler karena jika digoreng, minyak yang keluar akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Di samping itu ia mengatakan ayam broiler kurang dalam segi kesehatan jika dibanding ayam kampung.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X