Menantang Nyali Menikmati Taiwan dari Gedung Tertinggi, Berani?

Kompas.com - 12/12/2019, 18:02 WIB
Kota Taipei dilihat dari ketinggian Skyline 460 di Taipei 101. KOMPAS.com/SRI NOVIYANTIKota Taipei dilihat dari ketinggian Skyline 460 di Taipei 101.


TAIPEI, KOMPAS.com – Gedung pencakar langit itu berdiri gagah. Di antara gedung lainnya, ia adalah yang paling tinggi. Taipei 101, namanya.

Tak hanya di Taiwan, gedung itu pernah dinobatkan jadi yang paling tinggi di dunia. Pada 2004, Taipei 101 mendapat sertifikasi dari Council on Tail Buildings and Urban Habitat. Tingginya mencapai 508 meter.

Kompas.com berkesempatan untuk mengunjunginya pada Sabtu (29/11/2019). Pengalaman tak terlupakan sudah ada sejak masuk dalam lift. Sekadar informasi, lift-nya sendiri berkecepatan tinggi, yakni 1.010 meter per menit.

Baca juga: Intip Proses Pembuatan Boba Khas Gerai Minuman Boba di Taiwan

Lift-nya itu sudah mendapat pengakuan dari Guinness Worl Records sebagai lift pengangkut tercepat. Untuk menjangkau lantai 89, hanya dibutuhkan waktu sekitar 37 detik.

Pada dasarnya, pengunjung sudah bisa menikmati kota Taipei dari dalam jendela gedung lantai 89. Tapi, bukan lantai ini yang kami tuju, melainkan lantai 101, yang paling atas. Sebutannya, Skyline 460.

Wisatawan melihat Kota Taipei dari ketinggian di lantai 89, Taipei 101.KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Wisatawan melihat Kota Taipei dari ketinggian di lantai 89, Taipei 101.

Dari lantai tadi, kami pindah lift untuk menuju lokasi persiapan naik ke rooftop. Ya, untuk sampai sana, ada standar keselamatan yang harus dipatuhi. Ada pakaian seperti rompi tambahan lengkap dengan tali. Selain itu, jika membawa tas harus disimpan dalam loker.

Ponsel boleh dibawa, tetapi ada kantong khusus dengan tali dan harus selalu tergantung di leher. Bagi yang pakai kacamata, bingkainya juga harus dikaitkan dengan tali.

Di tempat ini, ada form yang juga harus diisi oleh peserta. Isinya adalah menyatakan mematuhi peraturan, dan lembaran asuransi dengan menaruh nama lengkap dengan nomor telepon keluarga.

Jika semua sudah siap, inilah waktunya menuju lantai tertinggi.

Selama perjalanan ke rooftop, tiap rombongan akan didampingi oleh satu guide. Lift membawa kami sampai di lantai 100. Setelah itu, masih ada tangga-tangga yang harus digapai sebelum akhirnya guide membuka pintu rooftop.

Pengunjung Skyline 460, Taipei 101.KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Pengunjung Skyline 460, Taipei 101.

Angin kencang, itu kesan kami begitu pintu dibuka. Salah satu petugas yang sudah menunggu kami di dekat pintu siap-siap mengaitkan tali pada rompi tadi pada rel di pagar pembatas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X