Perempuan Haid Tidak Dilarang Berkunjung ke Pulau Komodo, Asalkan..

Kompas.com - 12/12/2019, 19:05 WIB
Wisatawan berfoto dengan komodo dan ranger Sulaiman di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT. Julianus EbolWisatawan berfoto dengan komodo dan ranger Sulaiman di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT.

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Nasional Komodo (TNK) terdiri dari tiga pulau terbesar, yaitu Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo. Saat itu, Kompas.com bersama rombongan rekan jurnalis lainnya dan Bank Indonesia menyambangi Pulau Komodo yang mempunyai luas lahan sekitar 300 hektare.

Ketika kamu mengunjungi Pulau Komodo, akan ada pemandu wisata alam di sana yang sudah terlatih menghadapi seekor komodo. Jadi, wisatawan jangan berjalan tanpa ada pendampingan si natural guide ya!

Menurut salah satu pemandu wisata alam Pulau Komodo, Makasao menjelaskan, di sana terdapat berbagai macam hewan yang bisa saja menyerang selain komodo itu sendiri, sebagai contoh ular.

Katanya di Pulau Komodo terdapat empat jenis ular berbisa, termasuk jenis kobra dan ular derik yang merayap di batang-batang pepohonan dan semak belukar.

Selain itu, ada bayi komodo yang katanya masih jago memanjat pohon dibandingkan ukuran komodo yang besar.

Nah bagi perempuan, rerutama wanita yang sedang mengalami menstruasi baiknya memberi informasi dahulu ke pemandu.

Baca juga: Rasanya LOB di Kapal Rp 70 juta Semalam di Perairan Komodo

Makasao menyarankan, wanita yang sedang haid atau menstruasi saat berkunjung ke sana menjaga jarak dengan komodo dan tetap berdampingan dengan pemandu.

Oleh karena hewan karnivora tersebut sangat sensitif indera penciumannya terhadap bau darah.

Ada suatu kejadian, seorang turis asing asal Australia sedang mengalami haid. ironisnya, wisatawan asing ini justru tidak mengindahkan peringatan natural guide-nya agar menjaga jarak.

Untungnya, si turis asing itu masih dapat tertolong dengan respon cepat dari si pemandu menggunakan tongkat kayu yang ujungnya berbentuk huruf "Y".

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X