Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huta Ginjang, Tempat Terbaik Melihat Pemandangan Danau Toba

Kompas.com - 13/12/2019, 06:07 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


TAPANULI UTARA, KOMPAS.com - Angin sepoi-sepoi, hawa sejuk menyambut para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Salah satu spot terbaik untuk menikmati keelokan Danau Toba yaitu di Huta Ginjang.

Berasal dari Bahasa Batak 'huta' berarti kampung dan 'ginjang' berarti atas, Huta Ginjang menawarkan pemandangan Danau Toba dari ketinggian 1.555 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Huta Ginjang di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, merupakan salah satu tempat wisata untuk menikmati pemandangan Danau Toba.

Tempat ini menawarkan pemandangan yang tidak kalah elok dari spot lainnya seperti Merek atau Tomok Samosir. Sejak pertama kali datang pengunjung langsung disodorkan pemandangan yang langsung memperlihatkan panorama Danau Toba nan luas.

Di Huta Ginjang pengunjung juga bisa mengambil foto dengan background danau toba. Tak hanya menikmati keindahan dari satu lokasi, di sini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dari permainan gantole atau layang gantung.

Baca juga: Hanya Ada Dua di Dunia, Uniknya Pemandian Air Soda di Tapanuli Utara

Bagi yang bernyali besar bisa melakukan kegiatan ini untuk melihat keindahan Danau Toba dan sekitarnya sambil melayang-layang di atasnya.

Pemandangan Danau Toba, dari Huta Ginjang di Tapanuli Utara, Kompas.com / Gabriella Wijaya Pemandangan Danau Toba, dari Huta Ginjang di Tapanuli Utara,

Sepanjang perjalanan pengunjung akan melihat hutan pinus dan pemandangan hutan yang asri.

Jika hendak ke Huta Ginjang, saat terbaik disarankan saat matahari masih tampak.

Sebab jika terlalu pagi kabut akan menyelimuti seluruh panorama sehingga pengunjung tidak bisa melihat pemandangan. Begitu juga saat sore hari, kabutnya akan turun.

Baca juga: Berita Foto: Suasana Desa Meat, Desa Perajin Ulos Tradisional

Apabila sendang beruntung, pengunjung juga dapat melihat keindahan matahari tenggelam dari sudut Huta Ginjang.

Sayangnya jika di musim hujan tempat wisata satu ini sering tertutup kabut. Umumnya waktu turun kabut berkisar 15 menit hingga 30 menit saja. Setelahnya akan kembali normal dan tampak sinar matahari.

Huta Ginjang juga menyediakan teropong bintang yang memfasilitasi pengunjung untuk melihat beberapa obyek wisata lain yang terlihat dari Huta Ginjang.

Pengunjung sedang menikmati pemandangan Danau Toba dengan teropong bintang di Huta Ginjang di Kabupaten Tapanuli UtaraKompas.com / Gabriella Wijaya Pengunjung sedang menikmati pemandangan Danau Toba dengan teropong bintang di Huta Ginjang di Kabupaten Tapanuli Utara

"Teropong ini merupakan fasilitas dari Dinas Pariwisata Tapanuli Utara untuk melihat destinasi wisata di Danau Toba, salah satu contoh air terjun Situmurung, lalu ada Batuguru yang terletak di tengah Danau Toba," jelas Tahi Aritonang pemandu wisata di Huta Ginjang kepada rekan media, Selasa,(3/12/2019).

Wisata Religi di Bukit Doa Taber

Tak jauh dari tempat wisata Huta Ginjang, terdapat wisata religi Bukit Doa Taber. Bukit Doa Taber dibangun pada 1996 dan mulai digunakan sejak 2014. 

Bukit Taber yang disebut juga Bukit Doa Taber atau Tapanuli Bersinar adalah salah satu obyek wisata rohani di Tapanuli. Lokasinta tepat berada di kawasan bukit, dan digunakan sebagai tempat berdoa bagi umat Kristen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com