Jangan Sembarang Pakai Ulos, Beda Ulos Beda Pula Maknanya

Kompas.com - 13/12/2019, 17:05 WIB
Proses pembuatan ulos di Desa Papande Kompas.com / Gabriella WijayaProses pembuatan ulos di Desa Papande

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com - Selain dibedakan berdasarkan jenisnya, ulos juga dibedakan berdasarkan penggunanya. Ulos untuk para pengantin akan berbeda dengan ulos bagi orang tua atau lainnya.

Menurut cerita dari salah satu pemandu wisata Anthony Siallagan pernah menemui wisatawan lokal yang salah membeli ulos. Wisatawan itu membeli ulos yang diperuntukan untuk melayat orang meninggal Atau sedang berduka.

“Jadi si ibu beli ulos yang motifnya itu dipakai kalau datang melayat orang meninggal. Dia kirain untuk acara pesta jelas Anthony, saat bercengkrama ringan soal ulos di kawasan Balige, Kamis (5/12/2019).

Baca juga: 14 Jenis Ulos, Kain Kebanggaan Suku Batak

Masing-masing ulos digunakan untuk acara yang berbeda, jadi ada baiknya bertanya pada orang yang mengerti makna ulos sebelum mengenakannya. Berkut penjelasan Anthony mengenai pembagian ulos berdasarkan makna penggunaanya: 

1. Ulos Hela

Ulos yang diberikan oleh orang tua pengantin perempuan kepada menantu dan putrinya pada saat pelaksanaan pesta perkawinan.

Pemberian Ulos Hela memiliki makna bersamaan dengan pemberian doa dan restu, agar kiranya pengantin diberi kebahagiaan dan keturunan.

2. Ulos Pansamot

Ulos ini diberikan oleh orang tua pengantin perempuan kepada orang tua pengantin laki-laki pada saat pesta perkawinan.

Ulos ini merupakan ucapan terima kasih karena telah bertanggung jawab dalam pelaksanaan pesta dan penyediaan mas kawin.

3. Ulos Parompa

Ulos yang diberikan orang tua pada cucu pertamanya. Umumnya ulos ini hanya diberikan pada cucu pertama dan diberikan dalam upacara adat.

Baca juga: Berita Foto: Suasana Desa Meat, Desa Perajin Ulos Tradisional

 

4. Ulos Matua

Ulos yang disediakan kepada seseorang yang telah lanjut usianya dan semua putra-purtinya telah berkeluarga tangga. Ulos tersebut akan digunakan sebagai penutup peti mati bila kelak akan meninggal.

5. Ulos Ulos Sabe- sabe atau Ulos Sampe-sampe

Ulos yang dipakai sebagai pakaian adat dalam suatu upacara adat yang disertai tarian tradisional.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X