Tips Mengolah Daging Bebek Jadi Empuk dan Tidak Bau Amis

Kompas.com - 13/12/2019, 18:08 WIB
Bebek bumbu rempah di Restoran Ayam Bebek Angsa Masak Di Kuali KOMPAS.com / Gabriella WijayaBebek bumbu rempah di Restoran Ayam Bebek Angsa Masak Di Kuali


JAKARTA, KOMPAS.com - Kenikmatan daging bebek madura memang tidak ada duanya. Rasanya yang empuk dan sangat mudah digigit membuat banyak orang ketagihan.

Sebenarnya daging bebek bisa seempuk daging bebek madura jika diolah dengan benar. Selain dagung bebek juga ada daging angsa yang dapat diolah menjadi makanan yang nikmat. 

Baca juga: Berburu Bebek Goreng di Surabaya, Ini 4 Pilihan Kedai Nasi Bebek

Tekstur daging angsa mirip dengan tekstur daging bebek. Hanya saja yang membedakan adalah ukurannya, daging angsa lebih besar dan tebal. Untuk cara pengolahannya sendiri tidak ada perbedaan. 

Koki dari Restoran Ayam Bebek Angsa Masak di Kuali, Narko memberi tips untuk mengolah daging bebek dan daging angsa agar empuk. 

Pertama-tama Narko menyarankan untuk menghilanglan aroma amis pada daging bebek atau angsa. 

Caranya dengan merebus daging bebek atau daging angsa di air yang sudah dicampur dengan serai, daun salam, jahe, daun jeruk, serta lengkuas selama satu jam.

Ada juga cara lebih mudah dengan memanfaatkan perasan jeruk nipis.

"Jeruk nipis diuleni (di daging). Kita diamkan, kalau sudah baru di bumbui,"jelas Narko yang di Restoran Ayam Bebek Angsa Masak Di Kuali, Pantai Indah Kapuk Kamis (12/12/2019).

Baca juga: 5 Makanan Bali di Bebek Timbungan Restaurant, Ada Masakan Bebek Langka

Narko mengklaim bau amis pada daging bebek dan angsa bisa hilang denga jeruk nipis jika dilumuri dengan rata dan didiamkan selama 30 menit. Baru setelahnya bumbui dengan rempah dan bumbu.

Alternatif lain yang disarankan Narko adalah dengan merebus daging bebek dan angsa menggunakan potongan buah nanas muda secukupnya.

Setelah itu ia menyarankan untuk mengungkep bebek dan angsa dalam jangka waktu satu hingga satu setengah jam. Hal tersebut juga bertujuan agar bumbu bisa meresap hingga ke daging.

"Kalau mau lebih empuk bisa di ungkep lebih lama bisa dipresto juga. Pakai apinya sedang aja. Kalau api yang besar saat diungkep airnya sudah habis tapi dagingnya belum lunak," jelasnya.

Untuk mempresto bebek gunakan api yang panas terlebih dahulu. Panci presto ditutup dan nyalakan api yang maksimal. Setelah itu jika tutup panci presto sudah mendesis maka kecilkan api ke level sedang, dan dipresto selama satu jam.

Cara sederhana mengungkep daging bebek tanpa panci presto...

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X