Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Non Penumpang Boleh Masuk dan Belanja di Area Check-In Terminal 2 Bandara Soetta

Kompas.com - 14/12/2019, 11:12 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengunjung non penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) kini bisa memasuki area check-in Terminal 2.

Sebelumnya, pengunjung hanya bisa berada di area lobi Terminal 2 karena untuk masuk ke area check-in diperlukan verifikasi boarding pass oleh petugas.

Menurut Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pengamanan bandara.

“Per hari ini (13/12/2019) Terminal 2 check-in area pengunjung sudah bisa masuk. Jadi pengantar bisa masuk dan mungkin jajan sampai ke area Security Check Point 1 (SCP 1). Pembatasnya sampai ke area SCP 2 yang akan masuk ke boarding lounge,” ujar Febri ketika ditemui Kompas.com pada Jumat (13/12/2019).

Baca juga: Pilihan Hotel Baru di Dekat Bandara Soekarno Hatta

Kebijakan ini sebelumnya sudah dilakukan di seluruh Terminal 3 keberangkatan baik domestik maupun internasional.

Untuk Terminal 2 sendiri, kebijakan ini hanya diterapkan pada Terminal 2D dan 2E keberangkatan domestik. Untuk keberangkatan internasional pengunjung masih belum bisa memasuki area check-in.

“Iya memang baru di domestik saja. Tahun depan mudah-mudahan ada rencana untuk membuka area di Terminal 1 juga.”

Bagi pengunjung atau pengantar yang ingin memasuki area check-in Terminal 2, bisa dengan bebas keluar masuk setelah sebelumnya melakukan screening keamanan di SCP 1 Gate 2, Gate 3, dan Gate 4 area keberangkatan.

Bagi pengunjung atau pengantar yang membawa tas, maka harus memasukkan tas ke mesin pemeriksaan. Tidak ada pemeriksaan badan selayaknya screening yang dilakukan di SCP 2 arah boarding lounge.

“Tetap di-screening biar aman bagi semua orang. Walau pun public area, tetap harus diperiksa. Tapi bagi yang tidak bawa tas bisa langsung masuk saja tidak usah periksa lagi,” ujarnya.

Dibukanya akses area check-in memberikan dampak yang positif dan negatif bagi pengguna jasa bandara.

Baca juga: Daftar Lengkap Maskapai di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta

 

Area check-in Terminal 2 yang agak terbatas ruang jadi makin terasa padat karena adanya pengantar penumpang yang bisa memasuki area tersebut.

“Agak padat ya, tapi tidak terlalu masalah. Masih cukup nyaman, karena saya bisa antar ibu saya sampai ke boarding gate. Anak saya juga bisa lihat area boarding yang ada pesawatnya jadi senang,” ujar Ihsan Muhammad, salah seorang pengguna jasa bandara di Terminal 2.

Menurut Febri, tujuan Angkasa Pura II membuka akses area check-in salah satunya untuk meningkatkan jumlah pengunjung. 

Hal ini ditujukan agar bukan hanya penumpang saja yang bisa mengakses shopping arcade (area pertokoan) di dalam area check-in.

“Biar pengunjung bisa masuk ke shopping arcade juga. Selain itu bagi pengunjung yang ibaratnya masih ingin bersama pengantarnya, jadi bisa punya lebih banyak waktu sebelum pergi,” jelas Febri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com