Non Penumpang Boleh Masuk dan Belanja di Area Check-In Terminal 2 Bandara Soetta

Kompas.com - 14/12/2019, 11:12 WIB
Petugas memeriksa tiket pesawat penumpang di Low Cost Carrier Terminal (LCCT) atau Terminal khusus penerbangan maskapai berbiaya rendah usai peresmian operasionalnya di Terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (1/5/2019). Dengan hadirnya terminal khusus penerbangan berbiaya rendah tersebut diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia serta konektivitas penerbangan di seluruh Indonesia. ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBALPetugas memeriksa tiket pesawat penumpang di Low Cost Carrier Terminal (LCCT) atau Terminal khusus penerbangan maskapai berbiaya rendah usai peresmian operasionalnya di Terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (1/5/2019). Dengan hadirnya terminal khusus penerbangan berbiaya rendah tersebut diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia serta konektivitas penerbangan di seluruh Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengunjung non penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) kini bisa memasuki area check-in Terminal 2.

Sebelumnya, pengunjung hanya bisa berada di area lobi Terminal 2 karena untuk masuk ke area check-in diperlukan verifikasi boarding pass oleh petugas.

Menurut Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pengamanan bandara.

“Per hari ini (13/12/2019) Terminal 2 check-in area pengunjung sudah bisa masuk. Jadi pengantar bisa masuk dan mungkin jajan sampai ke area Security Check Point 1 (SCP 1). Pembatasnya sampai ke area SCP 2 yang akan masuk ke boarding lounge,” ujar Febri ketika ditemui Kompas.com pada Jumat (13/12/2019).

Baca juga: Pilihan Hotel Baru di Dekat Bandara Soekarno Hatta

Kebijakan ini sebelumnya sudah dilakukan di seluruh Terminal 3 keberangkatan baik domestik maupun internasional.

Untuk Terminal 2 sendiri, kebijakan ini hanya diterapkan pada Terminal 2D dan 2E keberangkatan domestik. Untuk keberangkatan internasional pengunjung masih belum bisa memasuki area check-in.

“Iya memang baru di domestik saja. Tahun depan mudah-mudahan ada rencana untuk membuka area di Terminal 1 juga.”

Bagi pengunjung atau pengantar yang ingin memasuki area check-in Terminal 2, bisa dengan bebas keluar masuk setelah sebelumnya melakukan screening keamanan di SCP 1 Gate 2, Gate 3, dan Gate 4 area keberangkatan.

Bagi pengunjung atau pengantar yang membawa tas, maka harus memasukkan tas ke mesin pemeriksaan. Tidak ada pemeriksaan badan selayaknya screening yang dilakukan di SCP 2 arah boarding lounge.

“Tetap di-screening biar aman bagi semua orang. Walau pun public area, tetap harus diperiksa. Tapi bagi yang tidak bawa tas bisa langsung masuk saja tidak usah periksa lagi,” ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X