Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral di Jepang, Masak Nasi Pakai Ayam KFC

Kompas.com - 14/12/2019, 12:06 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Viral di media sosial orang Jepang, memasak nasi di penanak nasi otomastis atau rice cooker bersamaan memasukkan potongan ayam KFC.

Baca juga: Mengapa Ayam Goreng Tepung Jodohnya Minuman Soda?

Dilansir dari asiaone Jumat (13/12/2019), memperlihatkan postingan akun Facebook Kikyu S House yang memerlihatkan kreasinya. Hingga kini unggahan itu telah dibagikan lebih dari 1.400 kali.

Dalam foto yang diunggah memperlihatkan langkah-langkah membuat nasi bersama ayam KFC.

Caranya hampir mirip seperti cara biasa memasak nasi di rice cooker. Namun resep yang diviralkan itu menambahkan beberapa bumbu ke dalam air rendaman beras.

Viral di Jepang, Masak Beras Pakai Ayam KFC. Ayam KFC dimasukan langsung kedapam penanak nasi bersama dengan beras, air dan bumbu lainnya.dok. asiaone Viral di Jepang, Masak Beras Pakai Ayam KFC. Ayam KFC dimasukan langsung kedapam penanak nasi bersama dengan beras, air dan bumbu lainnya.

Disebutkan dengan menambahkan kecap asin dan kaldu ayam, membuat rasa nasi jadi gurih.

Hal yang membuat unik, pemuda itu memasukan ayam KFC berbarengan dengan beras dan air.

Semua bumbu dimasukan ke dalam penanak nasi. Setelah itu hanya menunggu berasnya matang menjadi nasi. Setelah matang butiran nasi berubah akan warna menjadi cokelat.

Selagi hangat, suwir daging ayam dan aduk rata bersama nasi. Jika kurang asin dan pedas bisa tambahkan garam juga lada. 

Menurut GetNews, nasi akan semakin kaya rasa karena telah tercampur resapan bumbu rempah dari daging ayam KFC, kecap asin, dan kaldu ayam. 

Baca juga: KFC Indonesia Buka Gerai ke-700 di Solo Bertema Jawa

Viral di Jepang, Masak Beras Pakai Ayam KFC. dok. asiaone Viral di Jepang, Masak Beras Pakai Ayam KFC.

Ternyata tak hanya nasi yang meningkat cita rasanya. Disebutkan potongan ayam KFC juga bertambah nikmat karena tambahan kecap asin, kaldu ayam dan proses masak nasi. Daging ayam bertambah empuk dan teksturnya jadi lembut.

Jika ingin berkreasi lebih jauh, juga bisa menambahkan topping lain seperti jamur. tomat, minyak truffle, atau potongan bawang putih. 

Orang  Jepang sendiri sebenarnya punya hubungan yang unik dengan ayam goreng KFC. Saat momen malam Natal mereka biasa mengonsumsi ayam goreng KFC.

Tradisi ini terjadi karena keberhasilan iklan KFC di Negeri Sakura pada 1974, berlanjut menjadi kebiasaan sampai sekarang. 

Baca juga: KFC Akhirnya Buka Restoran Prasmanan All You Can Eat di Tokyo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com