3 Cara Rehabilitasi Terumbu Karang di Indonesia

Kompas.com - 15/12/2019, 15:13 WIB
konservasi terumbu karang di Kepulauan Seribu Dok. Dinas KPKPkonservasi terumbu karang di Kepulauan Seribu

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia terkenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari memesona, termasuk spot diving yang jadi daya tarik bagi para turis melihat keindahan berbagai terumbu karang di Indonesia.

Sayangnya, kendati memiliki banyak situs terumbu karang, masih banyak yang kurang atau bahkan tidak terawat.

Perlu kesadaran serta peran serta banyak pihak untuk keberlangsungan hidup terumbu karang.

Biorock Indonesia, kumpulan beberapa ahli dalam bidang rehabilitasi terumbu karang, memiliki tiga program khusus yang secara aktif berpartisipasi dalam rehabilitasi terumbu karang Indonesia.

Ketiga program tersebut adalah program coral garden, scholar reef, dan bio experience.

Apa yang menarik dari program-program tersebut?

Coral garden, misalnya, merupakan sarana mengajak perusahaan-perusahaan di berbagai bidang dengan kegiatan CSR mereka untuk ikut berpartisipasi mengadopsi garden-garden terumbu karang yang telah ada.

"Selain itu mau bikin coral garden sendiri bisa. Kalau buat perorangan selain perusahaan bisa juga adopt baby coral," kata Direktur Biorock Indonesia Tasya Karissa kala ditemui Kompas.com di acara Gelar Wisata Bahari 2019 pada Kamis (12/12/2019).

"Kalau orangnya kebetulan diver bisa juga berpartisipasi sebagai coral gardener. Menanam coral garden-nya sendiri," lanjutnya.

Program kedua adalah scholar reef. Program beasiswa ini diberikan pada mahasiswa atau masyarakat umum yang ingin menjadi citizen scientist atau peneliti warga di bidang terumbu karang.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X