Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2019, 15:13 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia terkenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari memesona, termasuk spot diving yang jadi daya tarik bagi para turis melihat keindahan berbagai terumbu karang di Indonesia.

Sayangnya, kendati memiliki banyak situs terumbu karang, masih banyak yang kurang atau bahkan tidak terawat.

Perlu kesadaran serta peran serta banyak pihak untuk keberlangsungan hidup terumbu karang.

Biorock Indonesia, kumpulan beberapa ahli dalam bidang rehabilitasi terumbu karang, memiliki tiga program khusus yang secara aktif berpartisipasi dalam rehabilitasi terumbu karang Indonesia.

Ketiga program tersebut adalah program coral garden, scholar reef, dan bio experience.

Apa yang menarik dari program-program tersebut?

Coral garden, misalnya, merupakan sarana mengajak perusahaan-perusahaan di berbagai bidang dengan kegiatan CSR mereka untuk ikut berpartisipasi mengadopsi garden-garden terumbu karang yang telah ada.

"Selain itu mau bikin coral garden sendiri bisa. Kalau buat perorangan selain perusahaan bisa juga adopt baby coral," kata Direktur Biorock Indonesia Tasya Karissa kala ditemui Kompas.com di acara Gelar Wisata Bahari 2019 pada Kamis (12/12/2019).

"Kalau orangnya kebetulan diver bisa juga berpartisipasi sebagai coral gardener. Menanam coral garden-nya sendiri," lanjutnya.

Program kedua adalah scholar reef. Program beasiswa ini diberikan pada mahasiswa atau masyarakat umum yang ingin menjadi citizen scientist atau peneliti warga di bidang terumbu karang.

Dalam program ini, para peserta tidak dikenakan biaya apa pun.

Para peserta yang sudah terpilih melalui sistem seleksi ketat ini kemudian akan dibimbing mengenai pemeliharaan terumbu karang lewat berbagai pembelajaran online.

"Kita kasih sebulan untuk belajar lewat online. Biar fleksibel, seperti kelas-kelas gitu. Kalau nilainya cukup, baru dia boleh turun ke lapangan untuk langsung praktik di sembilan titik site terumbu karang kita," katanya. 

Tak hanya belajar dan praktik langsung saja, para peserta scholar reef ini juga akan dibekali dengan materi pembuatan blog dan vlog untuk menyebarkan kegiatan Biorock Indonesia dalam konservasi terumbu karang.

Para peserta scholar reef akan berperan sebagai corong informasi untuk masyarakat awam yang kurang informasi mengenai konservasi terumbu karang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com