Agar Tak Bingung, Ini Daftar Maskapai di Terminal 1 Bandara Soetta

Kompas.com - 16/12/2019, 06:55 WIB
Ilustrasi: Calon penumpang memasuki gerbang keberangkatan di Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta, Banten. KOMPAS/YUNIADHI AGUNGIlustrasi: Calon penumpang memasuki gerbang keberangkatan di Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat pertama kali pergi ke bandara, salah satu hal yang membingungkan adalah mencari lokasi keberangkatan maskapai penerbangan yang akan kita gunakan.

Di Bandara Soekarno-Hatta, terdapat tiga terminal besar. Setiap terminal memiliki penerbangan dan maskapai yang berbeda untuk tujuan pemberangkatan dan kedatangan yang berbeda.

Bagi penumpang pesawat yang akan menggunakan penerbangan domestik, biasanya berangkat dan datang di Terminal 1 Soekarno-Hatta.

Baca juga: Non Penumpang Boleh Masuk dan Belanja di Area Check-In Terminal 2 Bandara Soetta

Di Terminal 1 sendiri, terdapat tiga bagian: Terminal 1A, Terminal 1B, dan Terminal 1C.

Namun, sejak pertengahan tahun ini, Terminal 1C sedang direvitalisasi, sehingga tidak beroperasi.

Menurut Senior Manager Branch of Communication and Legal Angkasa Pura II Febri Toga Simatupang, rencana revitalisasi Terminal 1C akan berjalan selama satu tahun dengan target penyelesaian di pertengahan tahun 2020 mendatang.

Baca juga: Lounge Eksklusif Dibuka di Teminal 2 Soekarno-Hatta

"Terminal 1A diperuntukkan bagi maskapai Lion Air. Untuk penerbangan sekitar Jawa dan Indonesia bagian Barat. Sementara untuk Terminal 1B, digunakan untuk Lion Air penerbangan area luar Jawa dan ke arah Timur, juga untuk maskapai Airfast, Trigana Air, dan TransNusa,” jelas Febri kala ditemui Kompas.com pada Jumat (13/12/2019).

Baca juga: Berapa Banyak Jumlah Gate di Terminal 1, 2 dan 3 Bandara Soetta?

Berikut ini daftar terbaru dari maskapai yang ada di Terminal 1A dan Terminal 1B termasuk tujuan penerbangannya seperti yang dikutip dari situs resmi Angkasa Pura II.

Terminal 1A Soekarno-Hatta

Lion Air
Tujuan: Ambon (AMQ), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Jambi (DJB), Jayapura (DJJ), Kendari (KDI), Kualanamu (KNO), Kupang (KOE), Lombok (LOP), Makassar (UPG), Malang (MLG), Manado (MDC).

Lalu Palangkaraya (PKY), Palu (PLW), Pontianak (PNK), Semarang (SRG), Surabaya (SUB), Tanjung Pinang (TNJ), Ternate (TTE), Yogyakarta (JOG).

Terminal 1B Soekarno-Hatta

Airfast Indonesia

Tujuan: Makassar (UPG), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Timika (TIM)

Lion Air
Tujuan: Bandar Lampung (TKG), Batam (BTH), Bengkulu (BKS), Denpasar (DPS), Kualanamu (KNO), Padang (PDG), Palembang (PLM), Pangkalpinang (PGK), Pekanbaru (PKU), Tanjung Pinang (TNJ).

TransNusa
Tujuan: Ketapang (KTG)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X