Ayam Napinadar Khas Batak Bisa Diolah Tanpa Darah

Kompas.com - 16/12/2019, 20:02 WIB
Napinadar salah satu hidangan khas Batak Kompas.com / Gabriella WijayaNapinadar salah satu hidangan khas Batak


TAPANULI UTARA, KOMPAS.com – Hidangan khas Batak, Napinadar umumnya selalu ada di acara adat. Makanan satu ini memiliki rasa pedas nyelekit di lidah karena penggunaan andaliman.

Satu lagi ciri khas napinadar yaitu campuran dari protein yang digunakan seperti darah ayam. Oleh karenanya, wisatawan muslim terkadang tak dapat menikmati napidar. Namun kini napinadar dapat diolah tanpa darah dan dapat dinikmati semua kalangan.

“Sebetulnya napinadar pakai ayam kampung campur darah, biar jadi 'halal' tidak pakai darah tetapi dicampur dengan santan,” jelas Petrus Tamoubolon salah satu pemandu wisata asal Pulau Samosir saat dihubungi Kompas.com Jumat,(13/12/2019).

Untuk mengolah napinadar, ayam dimasak dengan cara dibakar. Setelah ayam matang dituangkan saus dari bumbu yang dihaluskan dan dimasak. Aneka bumbu dan rempah seperti cabai, andaliman, bawang putih dan lain-lain.

Rempah dan bumbu melumuri seluruh potongan ayam yang disajikan. Ketika dicium aromanya sangat wangi. Hal itu dihasilkan oleh bahan-bahan seperti jeruk nipis dan andaliman.

Baca juga: Mi Gomak, Mi Pedas Khas Batak

Kali pertama rasa yang menusuk lidah saat makan napinadar adalah rasa pedas. Makanan khas dari Batak ini sulit dilupakan rasa pedasnya yang khas dari andaliman.

Bumbu masak yang sering disebut sebagai merica Batak itu memiliki aroma seperti jeruk ini dan rasa pedas yang getir.

Buah andaliman bagi orang Batak adalah rempah wajib untuk masuk dalam masakan. Selain andaliman, cabai rawit dan keriting juga ikut menambah rasa pedas di dalamnya. Rasa pedas hadir bersama rasa gurih dan asin yang berasal dari bumbu serta rempah lainnya.

Rasa bumbu dari ayam andaliman ini sekilas mirip dengan bumbu soto yang belum dilarutkan dalam air.

Napinadar sedniri menyimpan filosofi yang melekat pada budaya Batak. Sehingga hidangan ini sering hadir disaat pesta dan acara adat suka Batak.

Baca juga: Huta Ginjang, Tempat Terbaik Melihat Pemandangan Danau Toba

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X