7 Peraturan Unik yang Harus Ditaati di Kawasan Keraton Yogyakarta

Kompas.com - 18/12/2019, 18:01 WIB
Pemandu wisata (berbaju batik) mengantarkan wisatawan asing berkeliling Keraton Yogyakarta, Yogyakarta, Senin (31/1/2011). KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOPemandu wisata (berbaju batik) mengantarkan wisatawan asing berkeliling Keraton Yogyakarta, Yogyakarta, Senin (31/1/2011).


JAKARTA, KOMPAS.com - Berlibur ke Yogyakarta tak lengkap rasanya bila belum ke Keraton Yogyakarta. Keraton yang bernama asli Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini terletak di pusat kota. 

Di kawasan Keraton Yogyakarta terpadat empat museum yang menyimpan berbagai koleksi bersejarah, terdiri dari Museum Lukisan, Museum Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Museum Kereta, dan Museum Batik.

Jika kamu belum pernah ke Keraton, sebaiknya perhatikan beberapa peraturan unik yang dibuat Keraton dan harus dipatuhi wisatawan. Meski terkesan unik, peraturan ini tidak boleh diabaikan para wisatawan.

Berikut peraturan di Keraton Yogyakarta yang harus dipahami dan dipatuhi wisatawan:

Baca juga: 5 Wisata Pantai Dekat Bandara Udara Internasional Yogyakarta

1. Berfoto dengan abdi dalem membelakangi Kedathon

Peraturan nomor satu ini sebenarnya tidak tertulis, namun ketika kamu mencoba untuk berfoto dengan abdi dalem lalu membelakangi bangunan keraton, maka kamu akan diperingatkan olehnya.

Keraton adalah simbol Raja, karena di sanalah tempat Raja dan keluarganya tinggal serta beberapa barang pusaka disimpan. Jika berfoto membelakangi keraton,  dianggap tidak sopan.

2. Selfie membelakangi Abdi Dalem

Berfoto selfie bersama abdi dalem boleh saja selama tidak membelakanginya. Hal ini juga berkaitan dengan ketidaksopanan.

Abdi dalem di Keraton Yogyakarta merupakan pegawai kerajaan yang terhormat, maka dari itu tidak boleh dibelakangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X