Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas Pariwisata NTT Kembangkan Aplikasi untuk Jual Paket Wisata

Kompas.com - 20/12/2019, 06:08 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terus mempromosikan sejumlah daerah pariwisata di wilayah NTT. 

Promosi dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui aplikasi digital.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STIKOM) Uyelindo Kupang mengembangkan website dan aplikasi Bajualntt.com.

Baca juga: Dibuat Jatuh Cinta oleh Pesona Pantai Walakiri Sumba

"Aplikasi ini yakni untuk penjualan paket pariwisata dan usaha kelompok ekonomi kreatif di Provinsi NTT," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Wayan Darmawa kepada Kompas.com, Kamis (19/12/2019).

Tujuannya dibukanya Bajualntt.com disebutkan Wayan untuk mendukung percepatan dan peningkatan promosi, akses pasar dan penjualan paket pariwisata dan usaha kelompok ekonomi kreatif di seluruh Indonesia dan internasional.

"Sistem ini memang baru, tetapi merupakan sebuah terobosan untuk membangun pariwisata NTT yang mana sebagai prime mover pembangunan di NTT," ujar Wayan.

Wayan menjelaskan, sistem yang akan dikembangkan itu juga merupakan kerja sama dengan dengan Universitas Kristen Satya Wacana ( UKSW) Jawa Tengah dan sistem ini sudah diterapkan di UKSW.

"Terobosan ini juga sebenarnya merupakan inisatif dan hasil komunikasi bapak gubernur dengan pihak Stikom Uyelindo dan juga UKSW. Karena itu, secara teknis kami dari dinas tindak lanjut," ujarnya.

 

Di masa mendatang, Wayan menyebutkan kerja sama aplikasi dan situs Bajualntt.com akan terus dikembangkan. 

Baca juga: Liburan Backpacker Vs Liburan Mewah di Labuan Bajo, Ini Kisaran Biayanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com