Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Beli Soto Betawi di Jepang pada 2020

Kompas.com - 20/12/2019, 17:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkunjung ke Jepang, kamu tidak perlu khawatir jika ingin mencari makanan khas Indonesia. Sebab, pada 2020 gerai soto betawi halal akan hadir di Negeri Sakura, tepatnya di Tokyo.

“Banyak turis Indonesia yang ke Jepang sering mengeluh kalau mereka kesusahan untuk mencari makanan yang bersertifikat halal. (Itu juga) hanya ada di beberapa tempat yang spesifik saja," kata aktor Herjunot Ali di acara konferensi pers Codafood X BRBGKLTR di Restoran Bale Lombok, Rabu (18/12/2019).

Herjunot mencontohkan dirinya yang beberapa kali berkunjung ke Jepang kesulitan mencari makanan halal, khususnya khas Indonesia. 

Baca juga: Viral di Jepang, Masak Nasi Pakai Ayam KFC

Oleh karena itu, Herjunot bersama Codafood, yakni perusahaan rintisan yang bergerak di industri kuliner, memboyong soto betawi ke Jepang.

Jepang dipilih sebagai negara pertama untuk memperkenalkan soto betawi karena Herjunot sudah familiar dengan beberapa wilayah di sana, termasuk Tokyo. 

“Orang Indonesia mungkin beberapa kali akan mencoba makanan khas negara sana, tetapi pasti nantinya juga tetap ingin memakan nasi dan makanan Indonesia. Itu sudah pasti,” kata Herjunot.

Restoran soto betawi khas Indonesia yang halal tersebut akan dibuka pada kuartal pertama tahun 2020.

Indonesia sendiri memiliki lima jenis makanan yang ditetapkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai makanan nasional. Lima makanan nasional Indonesia adalah soto, rendang, nasi goreng, sate, dan gado-gado.

Baca juga: Kenapa Harga Melon di Jepang Mahal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com