Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Naik Skytrain di Bandara Soekarno Hatta

Kompas.com - 21/12/2019, 12:10 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalayang atau Skytrain adalah fasilitas bandara yang memudahkan para pengunjung Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) untuk berpindah terminal.

Skytrain melayani pengunjung untuk perpindahan antar terminal 1, 2 dan 3 ataupun dari terminal ke Stasiun Bandara Soetta.

Baca juga: 5 Tempat Wajib Coba Saat Tunggu Pesawat di Terminal 3 Bandara Soetta

Untuk dapat menggunakan Skytrain, pengguna harus melalui shelter Skytrain yang terdapat di setiap Terminal, atau di Integrated Building yang terhubung dengan Stasiun Bandara Soetta.

"Penumpang datang harus ke masing-masing sub Shelter Skytrain, seperti Terminal 1 di Shelter Skytrain 1B," jelas Siswanto Singodimedjo Manager Airport Railway Station saat di hubungi oleh Kompas.com Jumat, (13/12 2019).

Untuk Stasiun Kereta Bandara berada di Shelter Stasiun Kereta Bandara. Jika di Terminal 2 ada di Shelter Skytrain Terminal 2E. Kemudian jika di Terminal 3 ada di Shelter Skytrain T3 lantai 2.

Baca juga: Cara Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Penumpang harus mengunjungi masing-masing shelter terlebih dahulu. Skytrain akan datang dan berangkat setiap 30 menit sekali. Jadwal rute keberangkatan tertera jelas di setiap shelter.

Pengguna jasa Skytrain disediakan kursi atau tempat duduk untuk menunggu kereta datang. Terdapat petugas yang siap memberikan informasi kepada calon penumpang.

Jika kereta sudah tiba, beri jalan penumpang keluar terlebih dahulu. Setelah semua penumpang keluar, maka bisa masuk ke dalam Skytrain.

Baca juga: Simak, Cara Pesan Grab dan GoCar di Bandara Soekarno-Hatta

Ketika masuk ke dalam kereta penumpang disediakan tempat duduk. Selain itu juga ada tiang di tengah-tengah kereta agar bisa menjadi pegangan untuk para penumpang.

Jarak tempuh dari terminal ke terminal lain tidak memakan waktu yang lama.

Dari Shelter T1 ke Shelter Stasiun membutuhkan waktu tiga menit. Sedangkan dari Shelter KA Bandara ke T2 memakan waktu perjalanan selama dua menit.

Baca juga: Catat, Daftar Harga, Rute dan Jadwal Kereta Bandara Tahun 2019

Dari Shelter T2 ke Shelter T3 dibutuhkan wakti 5 menit. Jika dari Shelter T1 ke T3 memerlukan waktu 10 menit.

Suasana di dalam kereta layang atau BTS Skytrain Bangkok, Thailand, Minggu (27/10/2019) malamKOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI Suasana di dalam kereta layang atau BTS Skytrain Bangkok, Thailand, Minggu (27/10/2019) malam
Di dalam kereta tidak disediakan tempat untuk menaruh barang. Penumpang harus mengawasi barang bawaannya sendiri hingga ke Shelter tujuannya.

"Tidak ada (tempat barang) karena memang jarak sangat dekat," jelas Siswanto.

Terdapat dua jalur yang digunakan dalam operasi Skytrain yaitu Track A dan Track B. Tiap-tiap jalurnya dioperaskan dua gerbong di setiap Skytrain.

Penumpang dapat naik Kalayang secara gratis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com