Kompas.com - 22/12/2019, 12:09 WIB


HUMBANG HASUNTUTAN, KOMPAS.comMakanan khas Batak memiliki satu ciri yang sangat menonjol. Pedas menghentak dari andaliman.

Tak terkecuali sambal tombur. Sambal tombur terdiri dari bahan-bahan yang sederhana. Namun, rasanya dijamin bikin ketagihan.

Baca juga: Makanan Siborong-borong Tak Hanya Sayur Kol, Ada Juga Ombus-ombus

Kompas.com berkesempatan mengunjungi restoran Sosor Tukkup Nauli, yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Restoran berada di tepi Danau Toba.

Salah tempat makan yang pas untuk menikmati sambal tombur dengan pemandangan langsung menghadap Danau Toba.

“Bahannya seperti andaliman, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, merica, ketumbar, jeruk nipis, kecombrang, dan garam,” jelas salah satu pramusaji di Restoran Sosor Tukkup Nauli, Humbang Hasundutan, Kamis (5/12/2019).

Semua bahan bumbu dan rempah tersebut ditumbuk hingga halus dan disajikan. Jika ingin menyingkat waktu, bahan-bahan dari sambal tombur dapat langsung diblender.

Sambal tombur disajikan mentah, jadi tanpa digoreng atau melalui proses masak lainnya. Sambal ini tidak berwarna merah terang seperti sambal kebanyakan. Samba tombur berwarna coklat muda dan sedikit pucat. 

Rasa pedas yang dihadirkan merupakan rasa pedas menghentak, yang berasal dari andaliman. Rasa pedas andaliman mirip dengan lada dan sedikit asam seperti jeruk nipis. Apalagi ada tambahan kecombrang, aroma harum yang kuat pun hadir.

Baca juga: Mi Gomak, Mi Pedas Khas Batak

Pedas yang hangat menyelimuti mulut hingga hidung, juga terasa dari jahe yang terlebih dahulu dibakar.

Sambal tombur memilik rasa gurih yang berasal dari bawang merah dan bawang putih. Rasa asam yang segar dari perasan jeruk nipis juga menyatu bersama rasa pedas dan gurih.

Sambal tombur biasanya dipasangkan dengan olahan ikan dari Danau Toba, misalnya ikan mas goreng,

Saat dimakan bersama, rasa dari ikan mas goreng dengan sambal tombur menimbulkan cita rasa baru.

Daging ikan lembut berpadu pas dengan sambal pedas. Rasa ikan terasa manis segar karena langsung dimasak segera setelah ditangkap dari Danau Toba. Selain dengan ikan goreng, sambal tombur juga bisa dinikmati dengan ikan bakar dan daging panggang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.