Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambal Tombur khas Batak, Enaknya Disantap dengan Ikan Goreng

Kompas.com - 22/12/2019, 12:09 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


HUMBANG HASUNTUTAN, KOMPAS.comMakanan khas Batak memiliki satu ciri yang sangat menonjol. Pedas menghentak dari andaliman.

Tak terkecuali sambal tombur. Sambal tombur terdiri dari bahan-bahan yang sederhana. Namun, rasanya dijamin bikin ketagihan.

Baca juga: Makanan Siborong-borong Tak Hanya Sayur Kol, Ada Juga Ombus-ombus

Kompas.com berkesempatan mengunjungi restoran Sosor Tukkup Nauli, yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Restoran berada di tepi Danau Toba.

Salah tempat makan yang pas untuk menikmati sambal tombur dengan pemandangan langsung menghadap Danau Toba.

“Bahannya seperti andaliman, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, merica, ketumbar, jeruk nipis, kecombrang, dan garam,” jelas salah satu pramusaji di Restoran Sosor Tukkup Nauli, Humbang Hasundutan, Kamis (5/12/2019).

Semua bahan bumbu dan rempah tersebut ditumbuk hingga halus dan disajikan. Jika ingin menyingkat waktu, bahan-bahan dari sambal tombur dapat langsung diblender.

Sambal tombur disajikan mentah, jadi tanpa digoreng atau melalui proses masak lainnya. Sambal ini tidak berwarna merah terang seperti sambal kebanyakan. Samba tombur berwarna coklat muda dan sedikit pucat. 

Rasa pedas yang dihadirkan merupakan rasa pedas menghentak, yang berasal dari andaliman. Rasa pedas andaliman mirip dengan lada dan sedikit asam seperti jeruk nipis. Apalagi ada tambahan kecombrang, aroma harum yang kuat pun hadir.

Baca juga: Mi Gomak, Mi Pedas Khas Batak

Pedas yang hangat menyelimuti mulut hingga hidung, juga terasa dari jahe yang terlebih dahulu dibakar.

Sambal tombur memilik rasa gurih yang berasal dari bawang merah dan bawang putih. Rasa asam yang segar dari perasan jeruk nipis juga menyatu bersama rasa pedas dan gurih.

Sambal tombur biasanya dipasangkan dengan olahan ikan dari Danau Toba, misalnya ikan mas goreng,

Saat dimakan bersama, rasa dari ikan mas goreng dengan sambal tombur menimbulkan cita rasa baru.

Daging ikan lembut berpadu pas dengan sambal pedas. Rasa ikan terasa manis segar karena langsung dimasak segera setelah ditangkap dari Danau Toba. Selain dengan ikan goreng, sambal tombur juga bisa dinikmati dengan ikan bakar dan daging panggang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com