Belum Ada Izin, Kapal Pesiar Aqua Blu Seharusnya Tidak Bisa Masuk Raja Ampat

Kompas.com - 22/12/2019, 20:06 WIB
Raja Ampat menjadi salah satu destinasi tterindah di Benua Asia. Dok. AgodaRaja Ampat menjadi salah satu destinasi tterindah di Benua Asia.

KOMPAS.com - Kapal Pesiar Aqua Blu kandas di kawasan konservasi perairan nasional (KKPN) di Pulau Wayag, Raja Ampat, Papua, pada Jumat (20/12/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Raja Ampat, Lasiman, kapal pesiar Aqua Blu seharusnya belum bisa memasuki wilayah Raja Ampat.

Baca juga: Kapal Pesiar Aqua Blu Kandas di Wilayah Terumbu Karang Raja Ampat

“Sebenarnya kapal itu belum bisa masuk. Karena belum terdaftar sebagai kapal wisata Raja Ampat. (Dan masih teridentifikasi sebagai) kapal asing,” kata Lasiman saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/12/2019).

Kapal pesiar tersebut hanya memperoleh izin berlayar dari Syahbandar Sorong dan Syahbandar Waisai tanpa berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Raja Ampat.

Sementara kapal yang terdaftar telah mendapatkan izin dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) hanya 40.

Kapal pesiar Aqua Blu tidak termasuk di dalamnya. Menurut Lasiman, kapal pesiar yang kandas di wilayah terumbu karang jelas memiliki dampak yang besar terhadap pariwisata Raja Ampat.

Kapal pesiar Aqua Blu Dok Kemenparekraf Kapal pesiar Aqua Blu

“Selama ini sudah beberapa kali kejadian seperti ini (kapal merusak terumbu karang). Dijadikan image yang tidak bagus. Padahal kami sudah menetapkan alur pelayaran mana yang bisa dilalui oleh kapal wisata, dan kecepatannya,” kata Lasiman.

Lasiman mengatakan bahwa setiap kapal yang berkunjung untuk berwisata di Raja Ampat harus mendaftar terlebih dahulu dan izin ke PTSP.

Baca juga: 4 Kapal Wisata yang Merusak Terumbu Karang Raja Ampat

Setelah izin, baru kapal akan mendapatkan surat. Maka dari itu, jika belum mendapatkan izin dari PTSP, kapal seharusnya belum bisa beroprasi.

Batasan kapal

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X