Unik, Ada Kue Peler Bedebu Khas Kepulauan Seribu, Ini Rasanya..

Kompas.com - 23/12/2019, 07:30 WIB
Kue Peler Bedebu merupakan kue khas Kepulauan Seribu. Kue ini terbuat dari tepung ketan, ubi rebus, gula merah, dan ampas kelapa parut. AmriyahKue Peler Bedebu merupakan kue khas Kepulauan Seribu. Kue ini terbuat dari tepung ketan, ubi rebus, gula merah, dan ampas kelapa parut.


JAKARTA, KOMPAS.com - Bentuknya yang bulat seperti bola pingpong ditambah dengan tekstur lembek menjadikan kue satu ini dinamakan kue peler bedebu.

Kudapan manis satu ini berasal dari Kepulauan Seribu, Jakarta.

Kue peler bedebu viral di media sosial instagram @ndorobeii.

Dalam akunnya, @ndorobeii mengunggah sebuah foto kue peler bedebu dengan keterangan penjelasan bahan, sekaligus mempertanyakan rasa dari kue tersebut.

"Kue Peler Berdebu!!! Ternyata ini jajanan khas Pulau Seribu gaesss! Kue ini sendiri dibuat dari ubi yang ditumbuk dengan sagu, diisi dengan gula merah, lalu dikukus, ada yang pernah coba rasanya macam mana," kata @ndorobeii dalam akun instagramnya.

Kompas.com menelusuri soal kue tersebut dan bertanya langsung ke tokoh masyarakat Pulau Pramuka, Mafyudin.

Menurutnya, kue ini sejatinya sama persis dengan kue klepon atau onde-onde Betawi. Tak hanya bentuknya yang sama, rasanya yang manis pun demikian.

"Jadi sebenarnya itu (kue peler bedebu), kue onde-onde atau klepon yang berasal dari Betawi, rasanya juga manis sama persis seperti kue klepon," kata Mafyudin ketika dihubungi Rabu (11/12/2019).

Baca juga: 7 Tips Berwisata di Tiga Pulau Bersejarah Kepulauan Seribu

Mafyudin menceritakan penamaan sedikit aneh dari kue ini lantaran candaan orang-orang dari Kepulauan Seribu.

"Jadi pada tahun 1970-an kue itu dibuat nama candaan karena bentuknya bulat lembek maka dijuluki Kue Peler Bedebu," jelasnya.

Mafyudin mengatakan, kue ini juga dapat ditemukan di sekitaran Pulau Pramuka dan Pulau Panggang.

Pembuatan kue ini tidak dilakukan setiap harinya. Menurut Mafyudin, kue hanya dibuat ketika bahan-bahannya seperti tepung ketan, ubi rebus, gula merah, dan ampas kelapa parut tersedia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X