Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Resep Makanan Natal Khas Indonesia, Coba Yuk

Kompas.com - 24/12/2019, 12:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap perayaan hari raya agama yang ada di Indonesia, sajian makanan selalu menjadi hal utama yang harus ada. Termasuk perayaan Natal yang dalam waktu dekat ini akan tiba, tepatnya pada 25 Desember setiap tahunnya.

Tak cuma makanan internasional, ada juga makanan khas Indonesia yang sering hadir saat perayaan Natal. Berikut ini adalah resep makanan Natal khas Indonesia yang dapat dibuat di rumah:

1. Selat solo

Seperti namanya, selat Solo merupakan makanan khas Solo dengan pengaruh Eropa. T

Selat Solo, atau yang juga disebut dengan “bistik Jawa” dibuat dengan menggunakan 30 gram daging sapi has luar yang sudah direbus terlebih dahulu dalam kuah encer.

Untuk kuah encernya sendiri, kamu dapat membuatnya dengan 1 buah bawang putih, 4 sendok makan (sdm) kecap manis, 400 ml air, 1 sendok teh (sdt) bumbu pala, dan 2 sdt bumbu merica bubuk.

Sementara beberapa bahan lainnya terdiri dari 5 buah buncis rebus yang telah dipotong menjadi 5 cm, 1 wortel rebus yang telah dipotong memanjang, 1 buah tomat yang dipotong menjadi 4 bagian, 2 iris tomat merah, 1 buah kentang rebus yang telah dipotong menjadi 4 bagian, 1 buah bawang putih yang telah dicincang, dan 5 siung bawang merah yang telah diiris tipis.

Bahan-bahan selanjutnya yaitu 2 sdm margarin, ½ bawang bombay yang diiris tipis, 1 sdt garam, dan ½ gula merah.

Baca juga: 4 Rekomendasi Tempat untuk Cicipi Selat Solo di Kota Solo

Cara membuat selat solo:

Langkah pembuatan selat solo juga cukup mudah. Pertama, iris daging sapi menjadi sangat tipis. Kemudian, masukkan daging tersebut ke dalam mangkuk bersama dengan beberapa bahan makanan yang telah disiapkan.

Bahan-bahan tersebut yaitu kecap manis, bawang merah, dan merica bubuk. Kemudian, aduk seluruh bahan dalam mangkuk dengan menggunakan tangan yang telah dilapisi sarung tangan plastik.

Sembari menunggu bumbu meresap ke daging, siapkan wajan yang telah diberi margarin, bawang bombay, dan bawang putih untuk diaduk rata.

Setelah selesai, masukkan daging dan aduk rata bersama dengan bumbu yang berada di wajan.

Di tahap ini, kamu dapat memasukkan air, bumbu merica bubuk, bumbu pala, garam, gula, tomat, dan kecap manis untuk diaduk hingga merata secara keseluruhan. Tunggu beberapa menit hingga seluruh bumbu meresap ke daging.

Nyalakan api dengan bara api sedang kemudian diamkan hingga air mengering dan daging terasa empuk.

Waktu luang untuk menunggu daging siap santap dapat kamu gunakan untuk menyiapkan kentang, buncis, wortel, dan tomat sebagai hidangan pelengkap.

Ketika daging sudah makan, segera taruh daging di piring yang sama dengan hidangan pelengkap tersebut. Dengan begitu, kamu sudah siap untuk menyajikan selat solo sebagai makanan Natal khas Indonesia buatanmu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com