Pasar Ikan Modern Muara Baru, Tempat Belanja Seafood Murah untuk Tahun Baru

Kompas.com - 24/12/2019, 17:02 WIB
Suasana Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru di Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (18/12/2019) malam. Pasar ini menginjak usia sembilan bulan, namun tampak lantai mulai kotor dan penuh genangan becek karena air es yang mencair dari kotak pendingin ikan. Nicholas Ryan AdityaSuasana Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru di Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (18/12/2019) malam. Pasar ini menginjak usia sembilan bulan, namun tampak lantai mulai kotor dan penuh genangan becek karena air es yang mencair dari kotak pendingin ikan.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, kini telah beroperasional sembilan bulan sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2019 lalu.

Saat peresmian pasar kala itu, Jokowi menyebut PIM Muara Baru mirip seperti pasar ikan Tsukiji di Jepang.

Pantauan Kompas.com yang berkunjung ke pasar pada Rabu (18/12/2019) pukul 20.00 WIB, kondisi pasar yang dulunya terbilang bersih, bebas becek, dan bau, kini tak demikian.

Genangan air becek karena es yang mencair di kotak tampungan ikan tetap ada di lantai pasar.

Meski tak sebecek pasar tradisional, sebaiknya pengunjung menggunakan sandal gunung atau sandal karet ketika berbelanja di sini.

Di sini ada begitu banyak pedagang yang melakukan aktivitas menjual ikan, cumi, udang, kepiting, hingga kerang laut. Semua yang diperdagangkan tampak lengkap.

Suasana aktivitas jual beli di PIM Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (18/12/2019). Tampak penjual dan pembeli begitu memadati pasar.Nicholas Ryan Aditya Suasana aktivitas jual beli di PIM Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (18/12/2019). Tampak penjual dan pembeli begitu memadati pasar.

Jika pengunjung pencinta seafood dan ingin mencari bahan hasil laut dari beragam jenisnya, tempat ini adalah pilihan yang tepat.

Pasar ini memiliki dua lantai yaitu lantai lantai dasar untuk perdagangan hasil laut, dan lantai dua untuk kios-kios serta foodcourt.

Menurut salah satu pedagang di PIM Muara Baru, Sholeh (52) pengunjung biasa membeli hasil laut di sini, lalu membakarnya di foodcourt.

Hasil laut yang dijual di PIM Muara Baru berupa ikan. Harga jualnya beragam mulai dari Rp 20.000 per kilogram.Nicholas Ryan Aditya Hasil laut yang dijual di PIM Muara Baru berupa ikan. Harga jualnya beragam mulai dari Rp 20.000 per kilogram.

"Biasa mereka lihat-lihat dulu nih, mana yang cocok, terus dibawa ke atas, dimasak di sana, dibakar di foodcourt. Ramenya ya jam-jam segini. (malam di atas 18.00) Setiap hari kayak gini terus," kata Sholeh kepada Kompas.com.

Sholeh yang asli Penjaringan ini juga mengatakan banyaknya pengunjung atau pembeli yang datang ke pasar ini dikarenakan harga seafood yang dijual terjangkau.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X