Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Anak, 10 Aktivitas di Jakarta untuk Isi Liburan Sekolah

Kompas.com - 25/12/2019, 15:39 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergantian tahun telah tiba. Saatnya bagi kamu dan keluarga untuk merayakannya dengan mengunjungi beberapa tempat wisata menarik di Jakarta.

Saat merayakan tahun baru, kamu bisa ajak anak melakukan aktivitas menarik sebagai sarana edukasi selama liburan.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Yogyakarta, Cocok untuk Liburan Bersama Anak

Berikut pilih tempat wisata anak di Jakarta yang menyajikan aktivitas menarik.

1. Belajar Ekosistem Lingkungan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

There’s no doubt that the arts are fun for kids, and the combination between art, science and technology makes teamLab Future Park Jakarta a perfect destination for students of all grades to learn and play. Students will have an opportunity to play, explore, and find new ways to express themselves creatively. During each session, they can spend time to observe our digital animals, learn and play in our digital ecosystem, color their favourite animals or sea creatures, and develop their motor skills while they’re playing. Book a fun and engaging art field trip for students now! For more information, please contact (WhatsApp): +62-813-8670-6826 (10 AM - 6 PM) #futureparkjakarta #teamlab #sgelive #digitalartexperience #interactiveart #schoolfieldtrip #jakarta #explorejakarta

A post shared by teamLab Future Park Jakarta (@futureparkjakarta) on Oct 16, 2019 at 5:01am PDT

Tidak ada salahnya untuk belajar sembari berlibur. Terlebih lagi jika kamu turut berpartisipasi dalam membantu anak agar lebih mengerti.

Melalui teamLab Future Park, kamu akan dibawa masuk ke dalam ruang Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn.

Di sana, kamu dapat mewarnai berbagai macam gambar hewan yang telah disediakan. Setelah selesai, gambar akan melalui proses scanning sehingga dapat diproyeksikan ke dinding dan lantai ruangan tersebut.

Gambar yang telah kamu warnai kemudian akan muncul dan bergerak. Jika kamu tekan gambarnya, maka mereka akan berubah menjadi percikan bunga warna-warni.

Baca juga: TeamLab Future Park Pilihan Wisata Warga Jabodetabek

Gambar yang bergerak tidak akan diam di tempat. Kamu dapat mengikuti gambar tersebut kemana saja mereka bergerak.

Tidak hanya itu, setiap langkah yang kamu lakukan di ruangan tersebut akan menciptakan percikan bunga yang bergerak.

Apabila kamu diam di tempat, maka bunga akan tumbuh di sekitarmu.

Kamu juga bisa menempelkan tangan ke dinding dan mengusapnya agar muncul serangkaian bunga warna-warni yang bergerak.

Ruangan ini akan mengajarkanmu mengenai ekosistem lingkungan.

Seluruh gambar yang bergerak mengilustrasikan bahwa setiap makhluk hidup saling bergantung satu sama lain. Dengan begitu, terciptalah ekosistem kehidupan.

2. Bermain Perosotan Buah-buahan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Let's play, learn and create! In this unique digital playground, creativity abounds as kids work and play together using technology, art and imaginations. Show your valid student ID card at our ticket box and get a special price (IDR 125,000 nett) every Monday-Thursday. Check our stories highlight for other promotions! . ---?------------------------------------------ . Yuk kita main, belajar, dan berkreasi! Di taman bermain digital yang unik ini, kreativitas berlimpah ketika anak-anak bekerja dan bermain bersama menggunakan teknologi, seni, dan imajinasi. Jangan lewatkan promo untuk pelajar dengan harga spesial (Rp.125,000 nett) setiap Senin-Kamis hanya dengan menunjukkan kartu pelajar yang berlaku. Cek stories highlight untuk promo-promo lainnya ya! . ---?------------------------------------------ . Ticketing information (whatsapp): +62-813-8670-6826 (10 AM - 6 PM) . #futureparkjakarta #teamlab #sgelive #digitalartexperience #edutainment #jakarta #explorejakarta #enjoyjakarta

A post shared by teamLab Future Park Jakarta (@futureparkjakarta) on Nov 24, 2019 at 2:42am PST

Melalui permainan perosotan di teamLab Future Park, kamu dapat membelah setiap gambar buah yang memenuhi perosotan.

Untuk bermain dalam ruang Sliding Through The Fruit Field, kamu harus melepas sepatu agar display interaktif yang memiliki sensor sensitif tidak terganggu.

Ketika kamu meluncur, tempat yang kamu duduki akan mengeluarkan sinar matahari.

Kemudian, seluruh gambar buah yang bertebaran di perosotan tersebut akan terbelah dan menciptakan letusan kembang api warna-warni.

Baca juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata Anak di Bandung

Tidak hanya itu, kamu juga dapat melihat berbagai macam bola yang melambung ke sana kemari melalui display tersebut.

Jika bola-bola tersebut melambung ke arah dedaunan, kamu akan melihat bola menyentuh gambar daun, lalu daun tersebut secara perlahan akan menumbuhkan bunga berwarna putih.

Jika bola menyentuh daun yang sudah berbunga, maka bunga akan berjatuhan.
Melalui aktivitas ini, kamu dapat mengajarkan anak perbedaan setiap buah yang ada di dunia.

3. Menggambar Kota dan Berinteraksi Dengan Santa

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

NEW! Let's celebrate Christmas and year-end holiday with 'Sketch Christmas', our new artwork that will be launched on December 7 at teamLab Future Park! Download @traveloka app now, get your ticket on @travelokaxperience section and get 35% discount for BCA credit card holders. . ---?------------------------------------------ . BARU! Yuk rayakan Natal dan liburan akhir tahun dengan 'Sketch Christmas', karya seni terbaru kami yang akan diluncurkan pada 7 Desember nanti! Download aplikasi @traveloka sekarang, dapatkan tiketnya pada menu @travelokaxperience dan dapatkan diskon 35% untuk pengguna kartu kredit BCA. . ---?------------------------------------------ . Ticketing information (whatsapp): +62-813-8670-6826 (10 AM - 6 PM) . #futureparkjakarta #teamlab #sgelive #digitalartexperience #art #jakarta #explorejakarta #sketchchristmas

A post shared by teamLab Future Park Jakarta (@futureparkjakarta) on Dec 4, 2019 at 8:14am PST

Sebelum memiliki tema natal, objek wisata teamLab Future Park yang satu ini terpisah menjadi dua: menggambarkan kota, dan ikan di aquarium yang interaktif.

Melalui ruang Sketch Christmas, kamu akan diberikan kertas yang telah berisi gambar bangunan, kendaraan, Santa Claus, dan hal-hal bertemakan natal.

Setelah selesai mewarnai gambar-gambar tersebut, gambar akan muncul di dinding ruangan dan bergerak setelah melalui proses scanning.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Gratis untuk Libur Natal dan Tahun Baru di Jakarta

Setiap gambar yang bergerak di dinding berasal dari seluruh masyarakat yang berkunjung. Dengan banyaknya jenis gambar, dinding akan berubah menjadi sebuah kota interaktif yang akan dikunjung Santa Claus.

Tidak hanya mewarnai, para pengunjung juga dapat melakukan dekorasi terhadap kota tersebut.

Gambar yang tampil dalam ruangan ini memiliki interaksi yang berbeda-beda jika ditekan. Beberapa barang akan berlompatan ketika ditekan, sementara Santa Claus akan memberikan hadiah natal.

Terkadang, Santa Claus juga akan melambaikan tangan ke arahmu jika kamu berdiri diam dekat dinding interaktif tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com