Panduan Menyewa Rumah di Airbnb untuk Pertama Kali

Kompas.com - 28/12/2019, 12:16 WIB
AirBnb Plus AirbnbAirBnb Plus

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti halnya melakukan pemesanan hotel untuk liburan, memesan rumah sewaan melalui aplikasi, dalam hal ini contohnya Airbnb juga memerlukan persiapan yang matang.

Ada beberapa cara untuk memastikan kamu bisa menyewa rumah Airbnb yang cocok untuk liburan.

Seperti dilansir dari situs smartertravel.com, berikut tips yang bisa kamu lakukan ketika akan menyewa rumah lewat aplikasi seperti Airbnb.

Baca juga: 10 Kota dengan TIngkat Pesanan Airbnb Tertinggi Setiap Musim Gugur

1. Manfaatkan kolom search

Contoh penggunaan filter dalam kolom search AirbnbScreenshot Via smartertravel.com Contoh penggunaan filter dalam kolom search Airbnb
Salah satu cara supaya kamu tak kecewa adalah memanfaatkan kolom search sedetail mungkin. Kamu harus tahu rumah macam apa yang ingin kamu cari. Selain itu, fasilitas juga jadi hal yang penting. Sesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan.

Tahap pertama, tentukan lokasi di mana kamu ingin menyewa rumah untuk liburan. Setelah itu, kamu bisa menggunakan filter yang tersedia untuk mempersempit pilihan rumah yang bisa kamu lihat.

Tanggal

Jika menggunakan filter ini, kamu bisa memilih tanggal yang kamu inginkan. Nantinya pilihan rumah yang muncul hanyalah tempat yang tersedia atau bisa dipesan pada tanggal tersebut.

Jumlah tamu

Kamu bisa menentukan lebih dulu jumlah orang dewasa, anak-anak, dan bayi yang akan menginap. Jumlah tamu ini akan berpengaruh pada informasi soal jumlah ketersediaan tempat tidur dalam rumah.

Tipe rumah

Bagian ini jadi yang paling penting jika kamu mencari tempat khusus yang akan kamu tinggali sendirian. Ada beberapa pilihan seperti private room berarti seluruh rumah untuk penyewa dan shared room berarti ada tuan rumah atau penghuni lain yang tetap tinggal di rumah tersebut.

Price

Kamu bisa juga menentukan price range atau kisaran harga yang bisa kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Airbnb nantinya akan memunculkan rata-rata harga per malam yang ada di lokasi yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Trip type

Di sini tersedia pilhian seperti “for families” dan “for work trips”. Filter ini digunakan untuk memfilter tipe tempat seperti apa yang akan dimunculkan. Apakah cocok untuk dipakai bersama keluarga atau tidak.

Filter lainnya. Filter lain yang bisa kamu coba gunakan adalah filter neighborhood atau lingkungan sekitar tempat menginap, jumlah kasur, jumlah kamar tidur, dan jumlah kamar mandi.

Filter ini berguna jika kamu akan liburan bersama kelompok besar dan ingin tahu fasilitas detil apa saja yang bisa mengakomodasi jumlah orang dalam kelompokmu.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan filter lain seperti free cancelation yaitu fasilitas pembatalan pemesanan gratis, fasilitas khusus, dan rumah-rumah unik yang meliputi rumah peternakan, rumah perahu, tempat camping, rumah pohon, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Inilah Rumah Sewa Airbnb Paling Populer di Dunia

2. Tentukan lokasi yang strategis

Jika kamu sudah menyaring kolom pencarian dengan detail, kamu bisa mencari di satu area khusus di peta yang tersedia. Kamu tinggal memilih fitur “show map” yang ada di bagian kanan atas bar pencarian.

Host diwajibkan untuk mengisi bagian “neighborhood”. Biasanya, informasi yang ada termasuk tentang kendaraan umum, kedai kopi lokal, atau tempat wisata terdekat dari sana. Jika kamu masih butuh informasi tambahan, jangan lupa baca review dari lokasi tersebut atau tanya pada host langsung.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X