Malam Tahun Baru di Ancol? Ini Solusi Susah Cari Parkir

Kompas.com - 30/12/2019, 09:00 WIB
Pengunjung terlihat memadati pantai-pantai di kawasan Ancol pada libur akhir tahun 2019 SYIFA NURI KHAIRUNNISAPengunjung terlihat memadati pantai-pantai di kawasan Ancol pada libur akhir tahun 2019

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasan Wisata Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu tempat wisata populer di Jakarta untuk mengisi liburan akhir tahun. Jelang tahun baru, pengunjung kawasan Ancol semakin meningkat setiap harinya.

“Hari Sabtu kemarin sekitar 53.000 pengunjung. Kalau per hari Minggu (29/12/2019) ini jam 1 siang tadi sudah mencapai 66.000. Dan semakin sore pasti semakin ramai,” ujar Head of Corporate Communication Ancol Rika Lestari kala ditemui Kompas.com pada Minggu (29/12/2019).

Baca juga: Acara dan Wahana Terbaru Ancol untuk Liburan Tahun Baru 2020

Jumlah ini terus bertambah hingga sore hari. Dari data terbaru yang Kompas.com dapatkan, pada Minggu (29/12/2019) sampai pukul 17.00 WIB, jumlah pengunjung yang memasuki pintu gerbang Ancol berjumlah 79.721 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari 9.464 mobil dan 3.731 motor. Sementara itu, unit rekreasi yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak selain kawasan pantai adalah kawasan Dunia Fantasi atau Dufan dengan 12.729 orang.

“Ini karena libur akhir tahun. Semakin dekat tahun baru kami prediksi akan terus bertambah. Dengan prediksi pengunjung di tahun baru itu sekitar 230.000 pengunjung,” tutur Rika.

Sentral parkir

Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung, Ancol akan menerapkan beberapa kebijakan baru. Di antaranya adalah pemberlakuan sentral parkir mulai tanggal 31 Desember 2019 pukul 05.00 WIB hingga 1 Januari 2020 pukul 23.59 WIB.

“Kapasitasnya sekitar 12.300 mobil dan 19.760 motor. Jadi nanti supaya tidak terjadi kemacetan lagi di sekitar unit rekreasi. Nantinya pengunjung bisa naik Bus Wara Wiri dan Kereta Wisata Sato Sato yang berkeliling kawasan gratis,” tambahnya.

Naik Bus Wara Wiri dan Kereta Wisata Sato Sato

Terdapat empat rangkaian Kereta Sato Sato yaitu Kereta Biru rute Carnaval – Beachpool, Kereta Hijau rute Beachpool – PGU Timur, Kereta Merah rute PGU Timur – Busway serta Kereta Silver rute Busway – PGU Timur.

Tak itu saja, Ancol juga menyiapkan armada tambahan untuk Bus Wara Wiri yang awalnya hanya 10 armada menjadi total 200 armada. Bus Wara Wiri tersedia untuk rute area barat dan area timur, dengan pertemuan bus di area Gondola.

Parkir di ex-Asian Games Kemayoran

Bagi pengunjung yang tak mau parkir di dalam area Ancol, maka bisa memarkir kendaraan di area parkir ex-Asian Games Kemayoran. Di sana nantinya akan tersedia bus Transjakarta khusus yang mengantar perjalanan pulang pergi Ancol – area parkir Kemayoran.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X