Seperti di Drama Korea, Tips Makan Barbeque Dibungkus Daun ala Ssam

Kompas.com - 30/12/2019, 13:12 WIB
Cara makan barbeque ala Ssam Korea merupakan cara makan yang unik di Korea. Caranya dengan menggunakan daun yang ditaruh daging, sayuran, dan saus sesuai selera, lalu dimasukkan ke dalam mulut. Nicholas Ryan AdityaCara makan barbeque ala Ssam Korea merupakan cara makan yang unik di Korea. Caranya dengan menggunakan daun yang ditaruh daging, sayuran, dan saus sesuai selera, lalu dimasukkan ke dalam mulut.


JAKARTA, KOMPAS.com - Korea terkenal dengan hidangan barbeque yang mendunia termasuk Indonesia.

Biasanya, orang menyantap barbeque Korea dengan cara menggunakan sumpit dan ditemani semangkuk piring.

Namun jika kamu perhatikan di drama Korea, orang Korea punya kebiasaan unik menyantap daging barbeque yaitu Ssam.

Menurut Executive Director Restoran Korea Chung Gi Wa, Kwang Won Lee yang kerap disapa dengan Kevin, Ssam merupakan cara makan yang biasa digunakan orang Korea ketika menyantap daging barbeque.

"Biasanya, selain pakai sumpit, kami langsung menyantapnya pakai daun. Seperti ini, ambil dulu daun yang diinginkan. Kalau saya suka daun wijen atau daun perilla," kata Kevin sembari mempraktekkannya di hadapan Kompas.com di Restoran Chung Gi Wa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019).

Baca juga: Barbeque Korea Ternyata Sudah Ada Sejak 800 Tahun Lalu

"Lalu tinggal taruh saja daging beserta sayuran lainnya ke dalam daun, bungkus dan langsung makan saja semuanya," lanjutnya.

Cara makan ini adalah dengan membungkus daging terlebih dulu. Teknik tersebut dikenal dengan nama Ssam.

Biasanya Ssam berisi daging panggang dan kombinasi ssamjang yang pedas atau bisa juga kimchi. Bahan-bahan lain yang bisa ditambahkan yaitu bawang mentah, cabai hijau, dan nasi.

"Daunnya itu biasa dipakai daun sawi, daun wijen atau perilla, daun bawang, selada, sawi merah, dan sayur chard," ujar Kevin.

Cara ini dikenal lebih praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam melakukannya.

Berikut tata cara makan barbeque dengan teknik makan Ssam:

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X