Gunung Anak Krakatau Erupsi, Turis Dialihkan ke Pulau Sebesi atau Pahawang

Kompas.com - 30/12/2019, 14:00 WIB
Wisatawan domestik mengikuti tur Gunung Anak Krakatau saat acara Festival Krakatau 2012. KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI FWisatawan domestik mengikuti tur Gunung Anak Krakatau saat acara Festival Krakatau 2012.

JAKARTA, KOMPAS.com Gunung Anak Krakatau kembali erupsi dengan mengeluarkan letusan setinggi 200 meter pada Minggu (29/12/2019) pagi pukul 05:29 WIB.

Erupsi dari gunung setinggi 157 meter di atas permukaan laut tersebut dapat terlihat dari rekaman CCTV yang diletakkan di sana.

Penanggung jawab pos pantau Desa Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan Andi Suardi mengatakan bahwa aktivitas Gunung Anak Krakatau tersebut merupakan hal yang sudah biasa terjadi.

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Status Masih Waspada

Saat ini, Gunung Anak Krakatau memiliki status Level Waspada (level II). Masyarakat setempat dan wisatawan dilarang mendekati kawah gunung tersebut dalam radius 2 kilometer dari kawah.

Meski Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi, namun kegiatan pariwisata tetap berjalan seperti biasa.

Ridwan, Koordinator Lapangan Langgeng-Wisata, sebuah travel agent yang biasa membawa wisatawan ke Lampung, mengatakan bahwa wisatawan yang berkunjung masih bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari dekat.

“Bisa ke sana, tapi hanya di jarak aman saja, hanya di Pulau Sebesi. Wisatawan bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari ujung Pulau Sebesi saja menggunakan motor ke Dusun Gubuk Seng,” kata Ridwan saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/12/2019).

Baca juga: Liburan di Pahawang, Perhatikan 5 Hal Ini...

Pulau Sebesi sendiri berada di di wilayah Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Ridwan mengatakan bahwa biasanya perjalanan tur Gunung Anak Krakatau, wisatawan dapat mendekat ke Gunung Anak Krakatau dan melakukan trekking. Namun karena kondisi erupsi, tur tersebut harus dialihkan dengan melakukan kegiatan lain di Pulau Sebesi.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di sana yaitu snorkeling, menyelam, dan melihat kura-kura.

Pulau Sebesi di Selat SundaKOMPAS.com/Dhanang David Aritonang Pulau Sebesi di Selat Sunda

Menurut Ridwan, meskipun para wisatawan tidak bisa berkunjung ke Gunung Anak Krakatau, mereka tidak perlu merasa kecewa. Sebab, mereka tetap bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari pulau tersebut sembari menikmati kegiatan di sana.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X