Tips Masak Barbeque Korea untuk Pesta Tahun Baru di Rumah

Kompas.com - 31/12/2019, 09:38 WIB
Alat panggang daging barbeque di Restoran Korea Chung Gi Wa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Restoran ini memakai teknik peresapan asap ke atas. Nicholas Ryan AdityaAlat panggang daging barbeque di Restoran Korea Chung Gi Wa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Restoran ini memakai teknik peresapan asap ke atas.


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat pergantian tahun baru, orang Indonesia memiliki tradisi  barbeque  atau bakar makanan bersama orang terdekat. 

Jika tidak mau repot menyiapkan arang dan alat bakar, barbeque ala Korea bisa jadi alternatif untuk perayaan tahun baru

"Tinggal beli daging saja yang sudah dipotong-potong tipis dan kecil di supermarket Korea di Indonesia. Bumbu-bumbunya juga bisa dibeli di sana, kayak ssamjang (pasta kedelai), kalau ini tidak ada juga bisa diganti dengan garam dan minyak wijen," kata Executive Director Restoran Korea Chung Gi Wa, Kwang Won Lee, kepada Kompas.com, Jumat (27/12/2019).

Selain bahan-bahan yang perlu disiapkan, kamu juga bisa menyiapkan alat-alat panggangan.

Kwang mengatakan orang Korea biasa menggunakan kompor dan penggorengan saja untuk memasak daging.

Berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan jika ingin memasak barbeque Korea di rumah:

Baca juga: Saus Barbeque Rasanya Asam dan Manis, Apa Bahan Dasarnya?

Daging barbeque Korea di Restoran Korea Chung Gi Wa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Nicholas Ryan Aditya Daging barbeque Korea di Restoran Korea Chung Gi Wa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

1. Daging sapi dipotong-potong

Barbeque Korea memang identik dengan daging yang dipotong-potong kecil dan tipis-tipis.

Maka dari itu, jika kamu ingin memasak barbeque ala Korea hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli daging yang sudah dipotong ukran kecil.

Kamu bisa membeli daging tersebut di supermarket atau pasar tradisional terdekat. Pastikan juga daging tersebut sehat dan layak dikonsumsi karena kamu akan merayakan pesta tahun baru bersama dengan orang banyak.

Bumbu-bumbu untuk Korea Barbeque di Restoran Korea Chung Gi Wa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.Nicholas Ryan Aditya Bumbu-bumbu untuk Korea Barbeque di Restoran Korea Chung Gi Wa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. Siapkan bumbu Korea

Barbeque Korea dibagi menjadi dua jenis yaitu berbumbu dan tidak berbumbu. Namun sebagian besar orang Korea menyukai barbeque yang tidak berbumbu.

Untuk lidah orang Indonesia yang menyukai pedas dan manis, maka kamu perlu membeli bumbu-bumbu khas Korea seperti ssamjang atau pasta kedelai. 

"Kalau gak ada ssamjang, bisa juga pakai garam, dan minyak wijen. Nah nanti minyak wijen itu biasanya kalau di Korea dituang ke garam, lalu diaduk," ujar Kwang.

Selain itu, bumbu lainnya juga bisa digunakan seperti bubuk cabai, pasta cabai (gochujang), dan pasta kedelai. Semua bumbu tersebut biasa dipakai orang Korea sebagai cita rasa barbeque.

Baca juga: 10 Rekomendasi Restoran Barbeque All You Can Eat untuk Tahun Baru 2020

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X