Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tahun Baru Kiribati dan Samoa! Dua Negara yang Pertama Rayakan Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2019, 17:56 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Negara yang kali pertama merayakan tahun baru adalah Samoa dan Kiribati.

Baca juga: Agenda Tahun Baru di Yogyakarta, Menikmati Jazz di Embung Tonogoro

Dua negara ini berada di Samudera Pasifik. Kiribati sendiri merupakan negara kepulauan. Uniknya negara ini dilalui Garis Tanggal International.

Jadi inilah salah satu kawasan yang mengalami perubahan tanggal di dunia. Artinya, Kiribati merupakan negara di dunia pertama yang merayakan tahun baru.

Mirip seperti Indonesia, Kiribati yang merupakan negara kepulauan ini terbagi dalam tiga zona waktu. Bagian timur Kiribati, seperti Pulau Kirimati, sudah merayakan tahun baru atau sekitar pukul 17.00 WIB.

Sementara Tarawa, ibu kota Kiribati, baru akan merayakan tahun baru dua jam setelah Kirimati, atau sekitar pukul 19.00 WIB.

Tak hanya Kiribati, negara lainnya yang merayakan tahun baru paling awal adalah Samoa. Samoa juga sudah merayakan tahun baru saat di Jakarta sekitar pukul 17.00 WIB.

Negara Samoa dan Kiribati, mungkin terdengar asing. Namun, negara ini menyimpan keindahan alam yang patut dikunjungi. Berikut ulasannya

1. Samoa

Samoa merupakan negara kepulauan yang berada di Samudra Pasifik bagian selatan. Negara ini terdiri dari dua pulau utama dan tujuh pulau kecil. Dua pulau utama bernama Sava'i dan Upolu, sedangkan ibu kotanya adalah Apia.

Baca juga: Liburan di Bali Bareng Anak, Kunjungi Kampung Langit di The Keranjang

Samoa terletak di sekitar setengah jarak perjalanan dari Selandia Baru ke Hawaii. Samoa termasuk ke dalam negara yang mempunyai wilayah terkecil di dunia.

Namun, jika berlibur ke Samoa kamu akan puas memanjakan matamu dan bermain air. Pengunjung seakan dibawa masuik ke lokasi shooting film animasi Disney, Moana.

Di Palolo Deep Marine Reserve, kamu bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang warna-warni serta air laut yang jernih.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

#samoa #polynesia #tosuaoceantrench

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ioana Mengheris (@ioanamengheris) pada 30 Des 2019 jam 1:21 PST


To Sua Ocean Trench merupakan tempat wisata yang identik dengan wisata Samoa. To Sua Ocean Trench adalah kolam alami yang berada di Pulau Upolu.

Kolam dengan diameter mencapai 30 meter ini terbentuk akibat letusan gunung berapi pada zaman dahulu. Saking indahnya, tempat ini dijuluki kolam alam paling indah sedunia.

Pantai di SamoaShutterstock Pantai di Samoa

Selain itu kamu juga bisa bermain arterjun di Afu Aau dan menyusuri sungai yang sangat asri. Pantai Lalomanu juga merupakan pantai yang patut dikunjungi. Pantai pasir putih itu memiliki pemandangan pulau kecil yang seakan berbentuk seperti balok yang panjang.

Pengunjung juga bisa menikmati sensasi menyemburkan air di Alofaaga Blowholes. Tempat wisata ini berada di tepat di batu karang di pinggir laut Pulau Savaii.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com