Cara Hindari Terkena Virus di Pesawat

Kompas.com - 31/12/2019, 20:09 WIB
Ilustrasi kabin pesawat Shutterstock.comIlustrasi kabin pesawat

KOMPAS.com - Musim liburan identik dengan pesawat yang penuh penumpang. Satu hal yang patut diingat penumpang, pesawat juga merupakan salah satu tempat yang membuat orang di dalamnya mudah terkena virus. 

Baca juga: Kenapa Kursi Pesawat Berwarna Biru?

Kurang udara segar dan jarak yang terlalu dekat dengan orang lain, menjadikan pesawat sebagai salah satu sarang kuman.

Penumpang bisa saja tertular atau terkena kuman dari penumpang lain yang sakit. Dilansir dari HuffPost UK, English Institute of Sport merilis panduan untuk para atlet agar terhindar dari kuman dalam pesawat.

Panduan ini dipersiapkan menjelang Olimpiade Tokyo 2020. Walau panduan ini ditujukan untuk atlet, tetapi tidak ada salahnya setiap orang juga bisa merujuk panduan tersebut.

Penyakit pernafasan seperti batuk dan pilek adalah penyebab terbesar dari atlet yang tidak bisa mengikuti pelatihan. Menurut penelitian oleh English Institute of Sport, menjelang Olimpiade Tokyo 2020, para peneliti mencari cara untuk mengurangi penyakit ini.

Berikut lima tips untuk para atlet agar dapat melindungi diri saat bepergian dengan pesawat. Tips tersebut juga dapat berguna bagi penumpang lainnya yang bukan seorang atlet. Berikut lima cara untuk menghindari sakit di pesawat:

1. Pilih tempat duduk dekat jendela.

Hal tersebut untuk meminimalkan kontak dengan orang lain yang bisa membawa bibit potensial.

2. Hindari kursi di dekat toilet

Toilet merupakan bagian tersibuk dari pesawat, sehingga banyak orang yang mondar-mandir di depan toilet.

Toilet juga sebagai sarang kuman yang ada di pesawat. Penumpang menggunakannya sebagai tempat buang air besar dan buang air kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X