Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Barbeque Asli Korea? Jangan Kaget Ada 50 Potong Daging yang Dipakai

Kompas.com - 31/12/2019, 22:44 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Korean Barbeque yang dalam Bahasa Korea dikenal dengan Guueomeukja, begitu populer di dunia termasuk Indonesia.

Berbeda dengan negara lainnya yang terkenal juga akan barbeque, barbeque Korea menggunakan 40 hingga 50 jenis potongan daging.

Hal ini dikatakan Executive Director Restoran Korea Chung Gi Wa, Kwang Won Lee yang akrab disapa Kevin, saat ditemui Kompas.com pada Jumat (27/12/2019).

Baca juga: Barbeque Korea Ternyata Sudah Ada Sejak 800 Tahun Lalu

"Kalau US (Amerika Serikat) kan setahu saya itu biasanya 20 macam (potongan) satu sapi, tapi kalau Korea lebih banyak, hampir 40 sampai 50 macam dari sapi saja. Contoh kalau US itu tenderloin atau sirloin-nya satu, tapi kalau Korea itu dibagi lagi," kata Kwang Won Lee kepada Kompas.com.

Selain itu, restoran Korea Barbeque yang berada di Korea Selatan berbeda dengan di Indonesia. Menurut Kevin, jenis daging barbeque yang disediakan di Korea Selatan lebih banyak dibandingkan Indonesia.

Executive Director Restoran Korea Chung Gi Wa, Kwang Won Lee tengah menjelaskan seputar Korean Barbeque saat ditemui Kompas.com, Jumat (27/12/2019).Nicholas Ryan Aditya Executive Director Restoran Korea Chung Gi Wa, Kwang Won Lee tengah menjelaskan seputar Korean Barbeque saat ditemui Kompas.com, Jumat (27/12/2019).

Hal ini karena restoran barbeque di Korea hanya menyediakan menu barbeque saja. Berbeda dengan restoran barbeque di Indonesia yang menyediakan beragam menu khas Korea lainnya juga.

"Maka dari itu kalau di sini karena daging yang kita bawa sedikit, kita pilih yang paling terkenal, paling favorit di Korea. Misalnya, tadi saya menyiapkan sapi dua macam. Ini yang paling favorit, bagian punggung dan iga," ujarnya.

Baca juga: Seperti di Drama Korea, Tips Makan Barbeque Dibungkus Daun ala Ssam

Kevin juga mengatakan daging barbeque Korea biasanya terbagi dua jenis yaitu berbumbu dan tidak berbumbu. Daging yang dibumbui akan terasa lebih manis dan pedas. Hal ini karena orang Korea menyukai kedua rasa tersebut.

"(Orang) Korea juga suka rasa manis dan pedas. Jadi yang rasa-rasa seperti ini itu Korea juga sering makan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com