Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tahun Baru Pulau Baker dan Howland! Pulau Terakhir di Dunia yang Rayakan Tahun Baru

Kompas.com - 01/01/2020, 19:59 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pulau Baker dan Howland merupakan dua pulau yang terakhir yang merayakan tahun baru. Dilansir dari TheSun UK, karena rotasi bumi, malam pergantian tahun di berbagai negara di belahan bumi terjadi pada waktu yang berbeda-beda.

Baca juga: Selamat Tahun Baru Kiribati dan Samoa! Dua Negara yang Pertama Rayakan Tahun Baru

Pulau Howland dan Pulau Baker merupakan dua pulau yang masuk dalam teritori Amerika Serikat. Kedua pulau ini merupakan pulau terakhir di dunia yang merayakan pergantian tahun baru.

Tahun baru 2020 hadir di kedua pulau ini sekitar pukul 19.00 WIB pada 1 Januari 2019 di Jakarta. Kedua pulau ini mungkin tidak terkenal seperti kota-kota ternama dari Amerika lainnya.

Namun keduanya memiliki pesona tersendiri. Pulau Baker ialah atol yang terletak tepat di utara khatulistiwa di Samudra Pasifik tengah. Sedangkan Pulau Howland berada di Samudra Pasifik bagian tengah.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

????Howland island . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . #beautifullandscape #howlandisland #usa???????? #worldsbeauty #sea

Sebuah kiriman dibagikan oleh ????Wor®?ld’s Beauty (@world.beauty.photos) pada 27 Jul 2018 jam 3:26 PDT


Keduanya, Pulau Baker dan Pulau Howland merupakan pulau yang tak berpenghuni. Dua pulau terpencil dari dataran utama Amerika Serikat itu merupakan sebuah alot.

Atol merupakan suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna sebagian atau seluruhnya. Pulau tersebut merupakan Tempat Perlindungan Nasional yang diatur Dinas Perikanan dan Margasatwa AS.

Dulunya Pulau Baker sempat dihuni oleh beberapa kepala keluarga. Pada tahun 1935 pulau ini mulai diisi oleh kehidupan kolonisasi, dengan penduduk di empat permukiman Meyerton.
Namun kisruh Perang Dunia II membuat penduduk yang tinggal di sana mulai meninggalkan pulau tersebut.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Happy Birthday America. Here's another shot of Bakers last weekend for @sarstow 's 29th Spikeball extravaganza.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Alex Gustafson (@m.a.gustafson) pada 4 Jul 2018 jam 9:34 PDT

Di Pulau Baker juga jarang ada sumber air bersih. Selain itu, pulau ini juga tak berpohon, dan memiliki rumput, tanaman yang sedikit dan lama tumbuhnya. Walaupun tidak berpenghuni tidak jarang wisatawan darang berkunjung menikmati Pulau Baker. 

Pulau ini menjadi tempat singgah dan habitat untuk burung laut, burung pantai, dan margasatwa lautan. Jika dilihat dari sudut atas, Pulau Howland  ini memiliki pasir putih dan hampir menyatu dengan laut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com