Atur Cuti, Ini Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Long Weekend 2020

Kompas.com - 03/01/2020, 20:05 WIB
Prosesi upacara Melasti di Pura Ulun Danu Beratan di Desa Candikuning, Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (4/3/2019). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019 KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGProsesi upacara Melasti di Pura Ulun Danu Beratan di Desa Candikuning, Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (4/3/2019). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019

 KOMPAS.com – Jadwal hari libur tanggal merah untuk tahun 2020 sudah resmi dirilis pemerintah. Secara total, ada 16 hari libur nasional yang bisa kamu manfaatkan untuk berlibur bersama keluarga.

Baca juga: Catat! Jadwal Tanggal Merah Tahun 2020 dan Siasat Ambil Cuti

Belum lagi jika kamu cermat memanfaatkan jatah cuti agar bisa mendapatkan libur long weekend atau libur panjang akhir pekan.

Jika sudah memetakan kapan kamu bisa mengambil cuti, maka saatnya merencanakan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di libur long weekend tahun 2020 nanti.

Tahun Baru Imlek, Sabtu 25 Januari 2020

Liburan Imlek seperti ini, paling cocok berkunjung ke beberapa wilayah yang punya kultur China yang kental. Misalnya, Kota Tangerang dengan kawasan Pasar Lama yang menarik. Kawasan Pasar Lama jadi salah satu kawasan di kota Tangerang yang punya kultur Cina yang kental.

Di kawasan ini, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat seperti Klenteng Boen Tek Bio, Museum Benteng, Klenteng Khongcu Bio, dan Roemboer. Kamu juga bisa wisata kuliner di sekitar sana.

Baca juga: Itinerary Wisata Akhir Pekan di Pasar Lama Tangerang

Setiap menjelang libur Imlek datang, kawasan Pasar Lama akan ramai dihiasi hiasan khas Imlek berwarna merah. Suasana pun terasa semarak dengan ramainya pedagang pernak pernik khas Imlek yang tersebar di penjuru pasar.

Isra Mi’raj, Minggu 22 Maret 2020

Untuk mengisi liburan Isra Mi’raj, ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki tradisi khas yang unik. Berkunjung ke daerah tersebut dan berpartisipasi dalam tradisi khas salah satu daerah bisa jadi pilihan mengisi liburan yang cukup menarik.

Salah satu wilayah yang punya tradisi khas unik adalah Cirebon. Tradisi Isra Mi’raj di Cirebon bernama Rajaban.

Baca juga: 5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Coba saat Mampir di Cirebon

Biasanya masyarakat Cirebon ramai-ramai berziarah ke Plangon. Di sana, terdapat dua makam penyebar agama Islam yaitu Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X