Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atur Cuti, Ini Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Long Weekend 2020

Kompas.com - 03/01/2020, 20:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

 KOMPAS.com – Jadwal hari libur tanggal merah untuk tahun 2020 sudah resmi dirilis pemerintah. Secara total, ada 16 hari libur nasional yang bisa kamu manfaatkan untuk berlibur bersama keluarga.

Baca juga: Catat! Jadwal Tanggal Merah Tahun 2020 dan Siasat Ambil Cuti

Belum lagi jika kamu cermat memanfaatkan jatah cuti agar bisa mendapatkan libur long weekend atau libur panjang akhir pekan.

Jika sudah memetakan kapan kamu bisa mengambil cuti, maka saatnya merencanakan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di libur long weekend tahun 2020 nanti.

Tahun Baru Imlek, Sabtu 25 Januari 2020

Liburan Imlek seperti ini, paling cocok berkunjung ke beberapa wilayah yang punya kultur China yang kental. Misalnya, Kota Tangerang dengan kawasan Pasar Lama yang menarik. Kawasan Pasar Lama jadi salah satu kawasan di kota Tangerang yang punya kultur Cina yang kental.

Di kawasan ini, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat seperti Klenteng Boen Tek Bio, Museum Benteng, Klenteng Khongcu Bio, dan Roemboer. Kamu juga bisa wisata kuliner di sekitar sana.

Baca juga: Itinerary Wisata Akhir Pekan di Pasar Lama Tangerang

Setiap menjelang libur Imlek datang, kawasan Pasar Lama akan ramai dihiasi hiasan khas Imlek berwarna merah. Suasana pun terasa semarak dengan ramainya pedagang pernak pernik khas Imlek yang tersebar di penjuru pasar.

Isra Mi’raj, Minggu 22 Maret 2020

Untuk mengisi liburan Isra Mi’raj, ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki tradisi khas yang unik. Berkunjung ke daerah tersebut dan berpartisipasi dalam tradisi khas salah satu daerah bisa jadi pilihan mengisi liburan yang cukup menarik.

Salah satu wilayah yang punya tradisi khas unik adalah Cirebon. Tradisi Isra Mi’raj di Cirebon bernama Rajaban.

Baca juga: 5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Coba saat Mampir di Cirebon

Biasanya masyarakat Cirebon ramai-ramai berziarah ke Plangon. Di sana, terdapat dua makam penyebar agama Islam yaitu Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan.

Selain diisi dengan berziarah, tradisi ini juga biasa digelar di Keraton Kasepuhan Cirebon. Mulai dari pengajian hingga pembagian nasi bogana pada wargi keraton, kaum masjid, abdi dalem, dan masyarakat.

Hari Raya Nyepi, Rabu 25 Maret 2020

Walau pun jalanan dan semua fasilitas di Bali ditutup saat hari Nyepi, kamu tetap bisa mendapatkan pengalaman liburan yang cukup berbeda.

Beberapa aktivitas seru bisa kamu lakukan, misalnya mengejar dan melihat arak ogoh-ogoh di sekeliling Bali.

Baca juga: 8 Tips Liburan di Bali saat Nyepi

Ada banyak rangkaian budaya dan upacara keagamaan yang menarik untuk diamati di hari Nyepi. Misalnya, upacara sembahyang di laut Melasti, arakan ogoh-ogoh, dan omed-omedan atau tradisi cium massal untuk menolak bala di Denpasar.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan, kamu harus mencapai Bali sebelum hari raya Nyepi karena bandara akan ditutup pada saat itu.

Selain itu, kamu juga harus menghormati peraturan yang berlaku. Pada tanggal 24-31 Maret juga akan diadakan Bali Spirit Festival yang bisa kamu datangi.

Ribuan umat Katolik dari Ambarawa dan daerah sekitarnya larut dalam prosesi visualisasi jalan salib di Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA), Kabupaten Semarang, Jumat (30/3/2018) pagi yang berlangsung dalam suasana mengharu biru.Kompas.com/ Syahrul Munir Ribuan umat Katolik dari Ambarawa dan daerah sekitarnya larut dalam prosesi visualisasi jalan salib di Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA), Kabupaten Semarang, Jumat (30/3/2018) pagi yang berlangsung dalam suasana mengharu biru.

Jumat Agung, Jumat 10 April 2020

Salah satu cara merayakan Jumat Agung, kamu bisa berwisata rohani dengan berziarah ke Goa Maria Sendangsono, Kulon Progo.

Gua ini sudah jadi tempat wisata rohani yang cukup populer. Ada juga mata air Tirta Wening Banyu Panguripan yang dipercaya bisa memberikan berkah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com