Berkunjung ke Museum Tumurun, Beberapa Hal Berikut Mesti Diperhatikan

Kompas.com - 04/01/2020, 08:26 WIB
Pengunjung Museum Tumurun sedang berfoto di hadapan salah satu karya seni. Kompas.com/Inadha Rahma NidyaPengunjung Museum Tumurun sedang berfoto di hadapan salah satu karya seni.

SOLO, KOMPAS.comMuseum Tumurun merupakan museum privat milik keluarga Lukminto pendiri PT Sri Rejeki Isman (Sritex), yang berlokasi di Jalan Kebangkitan Nasional Solo, dekat Taman Sriwedari.

Dibangun oleh anak Almarhum HM. Lukminto, pendirian Museum Tumurun memang ditujukan untuk memajang koleksi karya seni milik ayahnya.

“Dari sana jugalah asal muasal nama Tumurun, yaitu dari kata turun-temurun,” kata guide yang menemani perjalanan Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dilihat dari sisi depan, bangunan Museum Tumurun tidak terlihat seperti museum pada umumnya.

Baca juga: Niat Masyarakat Berkunjung ke Museum Semakin Tinggi

Pagar dan bangunan Museum Tumurun berwarna putih bersih, dengan desain modern. Museum Tumurun juga tidak memasang papan nama sehingga orang yang melewatinya bisa saja mengira bangunan Museum Tumurun adalah sebuah rumah besar.

Di luar pagar Museum Tumurun, petugas akan menyapa dan menanyakan identitas pengunjung yang datang.

Jika sudah, pengunjung diizinkan masuk ke halaman Museum Tumurun untuk menunggu jadwal kunjungan dan pintu dibuka.

Sebelum memasuki area koleksi karya seni dipajang, petugas atau guide akan terlebih dahulu memaparkan sejarah Museum Tumurun, dan aturan-aturan yang harus ditaati pengunjung.

Baca juga: Menenggang Empati, Berkunjung Ke Museum Nasional

Tidak hanya bertugas sampai di sana, guide juga akan menjelaskan, dan menjawab pertanyaan pengunjung terkait karya seni yang dipajang. Tak perlu khawatir, pengunjung tidak perlu membayar guide yang bertugas karena sudah termasuk fasilitas dari Museum Tumurun.

Sama seperti bagian luarnya, bagian dalam Museum Tumurun juga dicat putih bersih. Hal tersebut membuat nuansa muram yang sering kali terasa di museum menghilang sama sekali. Peletakkan lampu di berbagai sisi menambah terang ruangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X