Kompas.com - 04/01/2020, 08:41 WIB
Suasana dalam gerbong Kereta Bandara Soekarno-Hatta dari Stasiun BNI City menuju ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (14/9/2018) KOMPAS.com/ Putri Syifa NurfadilahSuasana dalam gerbong Kereta Bandara Soekarno-Hatta dari Stasiun BNI City menuju ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (14/9/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat berhenti beroperasi karena terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya, Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta kembali beroperasi, Sabtu (4/1/2020).

Namun, menurut Humas PT Railink, Diah Suryandari, pola operasi ini masih dengan kecepatan terbatas dan jarak waktu antar perjalanan atau headway sekitar satu jam.

Baca juga: Banjir Jakarta, Perjalanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Masih Terkendala

Kemudian ada penyesuaian waktu tempuh perjalanan menjadi 57 menit untuk relasi Stasiun Manggarai - Stasiun Bandara Soekarno hatta, dan 67 menit untuk relasi Stasiun Bandara Soekarno Hatta -Stasiun Manggarai.

"Hal ini dikarenakan pemeriksaan jalur rel akibat dampak banjir dan perbaikan yang dilakukan," ujar Diah dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (4/1/2020).

Keberangkatan kereta bandara mulai sejak pukul 4.40 WIB untuk relasi Stasiun Manggarai - Stasiun BNI City -Stasiun Duri - Stasiun Batu Ceper -Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun rute relasi sebaliknya yaitu Stasiun Bandara Soekarno Hatta - Stasiun Batu Ceper -Stasiun Duri - Stasiun BNI City - Stasiun Manggarai berangkat mulai pukul 06.10 WIB.

Baca juga: Cara Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Meskipun demikian, operasional kereta Bandara akan diatur menyesuaikan kondisi di lapangan.

"Tentunya kami berharap KA Bandara dapat segera melayani penumpang dengan kondisi normal kembali yaitu dengan jarak waktu perjalanan atau headway 30 menit sekali serta waktu tempuh lebih singkat," ujar Diah.

Pembelian tiket Kereta Api Bandara dapat dilakukan secara online melalui beberapa pilihan channel, seperti Aplikasi Railink, web reservasi, traveloka, bukalapak, dan KAI Acces serta secara offline melalui vending machine dan Point Of Sales (POS) masing -masing stasiun.

PT Railink juga mengimbau bagi penumpang pesawat udara agar memperhatikan jadwal serta waktu tempuh yang berlaku sementara ini untuk menghindari kemungkinan keterlambatan.

Baca juga: Catat, Daftar Harga, Rute dan Jadwal Kereta Bandara Tahun 2019

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.