Pemandian Air Panas Alami Satu-satunya di Singapura Kembali Dibuka

Kompas.com - 04/01/2020, 14:50 WIB
Sembawang Hot Spring Park dibuka kembali pada Sabtu (4/1/2020). Tempat ini merupakan kolam pemandian air panas satu-satunya di Singapura. Jeremy LongSembawang Hot Spring Park dibuka kembali pada Sabtu (4/1/2020). Tempat ini merupakan kolam pemandian air panas satu-satunya di Singapura.


KOMPAS.com - Kolam pemandian air panas alami satu-satunya di Singapura, Sembawang Hot Spring Park, kembali dibuka untuk umum pada Sabtu (4/1/2020).

Kolam pemandian tersebut tampil baru di mana memiliki tambahan taman, cascading pool  empat tingkat (kolam bertingkat), kafe, hingga sarana edukasi anak.

Dilansir CNA, tempat yang dulunya hanya berupa saluran air, keran dan ember berisi air panas itu kini memiliki luas 1,1 hektar. 

Baca juga: Suhu Dingin di Bandung, Hangatkan Diri di 5 Pemandian Air Panas Ini

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung selain menikmati sensasi merendam kaki di kolam air panas ini, salah satunya memasak telur di tempat yang telah disediakan.

Anak-anak juga dapat bermain dengan mata air hangat di zona pendidikan. Di sana mereka dapat belajar tentang siklus air tanah melalui panel interpretatif.

Selain itu, di pintu masuk taman, pengunjung akan disambut jalan setapak bunga dengan pohon buah-buahan dan tanaman yang dapat dimakan. 

Tanaman tersebut seperti jahe, rambutan, dan chiku, bunga yang biasa terlihat pada era 1960 hingga 1990-an.

Pengunjung merendam kakinya dalam wadah berisi air panas di Sembawang Hot Spring Park, Singapura.Jeremy Long Pengunjung merendam kakinya dalam wadah berisi air panas di Sembawang Hot Spring Park, Singapura.
Sembawang Hot Spring Park juga memiliki fasilitas seperti toilet, halaman untuk kegiatan, dan kafe.

Berawal dari kritik

Proses pengerjaan dan perombakan tempat ini berawal dari kritik dan saran dari masyarakat pada konsultasi publik akhir tahun 2007. Masyarakat turut ambil peran dalam proses desain taman.

"Ini adalah satu-satunya taman pemandian air panas alami di Singapura saat ini, dan memiliki bnyak hal mengesankan bagi masyarakat," tulis National Parks Board (NParks), pengelola Sembawang Hot Spring Park, dalam keterangan pers, dikutip dari CNA.

Pengunjung mengisi air panas kolam Sembawang Hot Spring Park di tempat botol.Jeremy Long Pengunjung mengisi air panas kolam Sembawang Hot Spring Park di tempat botol.
Sumber air panas Sembawang ditemukan pada awal 1900-an di satu lahan milik pedagang China, Seah Eng Keong.

Tempat ini pernah menjadi pemandian air panas bagi tentara Jepang. Kala itu, mereka menduduki Singapura selama Perang Dunia 2.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X